Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Jemaah Haji Bali Diminta Beri Identitas Pasfotonya

Jemaah Haji Bali Diminta Beri Identitas Pasfotonya

(Bidang PHU) Roadshow Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali terus berlanjut. Di Kabupaten Klungkung,  Kanwil Bali meminta jemaah untuk membantu menuliskan identitas jemaah pada halaman belakang pasfoto yang dikumpulkan ke Kanwil sebagai kelengkapan pengurusan dokumen jemaah haji. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji, Muhammad Nasihuddin, saat menyampaikan sosialisasi persiapan pelunasan dan penyelesaian dokumen jemaah haji tahun 2020 dalam rangka Manasik Haji Mandiri di Aula Kankemenag Kabupaten Klungkung, Jumat (17/01/2020). Plh. Kepala Kankemenag Kabupaten Klungkung, H. Maarif, membuka secara resmi kegiatan yang dihadiri 23 jemaah haji.

Menurutnya, belajar dari pengalaman bahwa seringkali terdapat kesamaan nama jemaah haji dalam satu kloter. Di sisi lain penyelesaian dokumen dilakukan secara kolektif oleh tim di Kabupaten/Kota dan Kanwil, dilakukan secara cepat dan belum tentu mengenal identitas jemaah secara utuh. "Tahun lalu, ada identitas nama pada visa benar, tetapi pasfoto yang keluar adalah jemaah lain. Kami tidak ingin hal tersebut terulang," jelasnya.

Nasihuddin juga meminta pasfoto yang dikumpulkan jemaah adalah pasfoto terbaru agar foto yang ada di paspor tidak jauh berbeda dengan foto yang ditempel pada lembar bukti pelunasan dengan catatan pasfoto harus berlatar belakang putih dengan pakaian berwarna kontras, wajah tampak 80 persen, tidak berkacamata dan berpakaian dinas serta berpakaian muslimah bagi perempuan. Keperluan pasfoto dialokasikan untuk lembar pelunasan, Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH), cover paspor dan Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA).

Sementara itu, PHU Klungkung, Suraji, menjelaskan bahwa kegiatan manasik mandiri sejatinya telah dilaksanakan Kankemenag Klungkung sejak tahun 2016. Kegiatan tersebut merupakan realisasi dari program MAHABAH (Manasik Haji Bali Sepanjang Hayat) yang telah dilaunching Dirjen PHU di Provinsi Bali pada tahun 2019 lalu.

Plh. Kepala Kankemenag Kabupaten Klungkung juga memberikan apresiasi pelaksanakan kegiatan manasik mandiri yang dikoordinir oleh PHU Klungkung. Menurut H. Maarif, walaupun bukan manasik resmi yang diselenggarakan Kankemenag Klungkung, tidak berarti tidak ada manfaatnya bagi jemaah. "Kalo mengandalkan manasik kemenag yang 10 kali boleh jemaah tidak merasa cukup, belum mendapatkan pendalaman materi yang utuh. Manasik mandiri, pinter jemaahnya, mabrur hajinya," papar H. Maarif saat membuka kegiatan. (nas) 


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar