Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Baru 70 Persen Paspor Jemaah Berproses di Kanim Singaraja

Baru 70 Persen Paspor Jemaah Berproses di Kanim Singaraja

Bidang PHU : Rata-rata baru 70 persen paspor jemaah haji Provinsi Bali yang sedang berproses di Kantor Imigrasi (Kanim) Singaraja. Hal tersebut terungkap saat konsolidasi dan monitoring penyelesaian dokumen yang dilakukan Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng pada 22 Januari 2020. Dua kabupaten yang jemaahnya membuat paspor di Kanim Singaraja, yaitu Kabupaten Buleleng dan Jembrana.

"Berdasarkan laporan dari Kanim Singaraja dan juga PHU Kabupaten, tercatat 60 orang jemaah Buleleng dari 92 orang estimasi berangkat yang sudah berproses di Kanim Singaraja. Sedangkan Jembrana tercatat baru 46 jemaah dari 59 orang estimasi berangkat yang sudah buat paspor di Kanim Singaraja. Artinya sekitar 65 persen jemaah Buleleng dan 75 persen jemaah Jembrana. Ya rata-rata 70 persen yang sudah berproses," papar Muhammad Nasihuddin, Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Bali.

Menurut Nasihuddin, ada beberapa penyebab belum tuntasnya pembuatan paspor jemaah haji Buleleng dan Jembrana. Pertama, karena ada sebagian kecil jemaah yang sudah punya paspor. Kedua, masih belum lengkapnya administrasi persyaratan jemaah untuk pembuatan paspor. Dan ketiga, karena masih ada ketidaksesuai data administrasi kependudukan yang dimiliki jemaah sehingga masih proses penyesuaian data.

"Kita berharap paspor jemaah sudah selesai diproses sebelum waktu pelunasan sehingga pihak PHU Kabupaten Buleleng dan Jembrana bisa konsentrasi untuk menyelesaikan hal lainnya seperti penuntasan dokumen kesehatan dan persiapan pelunasan," jelas Nasihuddin.

Hal senada juga dibenarkan Muslihin, PHU Jembrana yang ditemui saat monitoring dan H. Imam Syafii, PHU Buleleng saat ditemui di Kankemenag Kabupaten Buleleng. Menurut mereka, PHU sedang mengupayakan agar jemaah segera melengkapi kekurangan administrasi persyaratan pembuatan paspor sehingga dapat segera dikomunikasikan dan diproses di Kanim Singaraja.

Sementara itu, Kasi Lalintalkim Kanim Singaraja, Ida Bagus Ary Yamuna, menyatakan komitmennya untuk membantu proses pembuatan paspor bagi jemaah haji Kabupaten Jembrana dan Buleleng, baik yang dikoordinir oleh Kankemenag Kabupaten maupun yang dilakukan sendiri oleh jemaah. "Bahkan kami sudah memberikan kemudahan pelayanan, misalkan pendaftaran antrian secara online sehingga jemaah tidak usah berlama-lama di Kanim. Silakan datang pada tanggal dan waktu yang didaftarkan sesuai kesanggupan jemaah," ujarnya saat ditemui tim Kanwil Bali di ruang kerjanya. (nas)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar