Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Penyelesaian Paspor Jemaah Haji Bali Hampir Tembus 90 Persen

Penyelesaian Paspor Jemaah Haji Bali Hampir Tembus 90 Persen

Bidang PHU : Penyelesaian paspor bagi jemaah haji Provinsi Bali yang diproyeksikan berangkat tahun 1441 H/2020 M telah mencapai 89,86 persen. Dengan telah selesainya sebagian besar paspor jemaah haji, diharapkan penyelesaian seluruh dokumen jemaah haji dapat diproses lebih cepat lagi.

Apresiasipun diberikan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, H. Kusnul Hadi, kepada para PHU Kankemenag Kabupaten/Kota yang telah mempercepat penyelesaian paspor jemaah  haji. "Alhamdulillah penyelesaian paspor sudah hampir tembus 90 persen berkat kerja keras PHU Kabupaten/Kota yang telah mengerahkan segenap tenaga dan pikirannya untuk menuntaskan penyelesaian salah satu dokumen jemaah haji," ujar Kabid PHU Bali.

Penyelesaian dokumen jemaah haji lainnya pun diharapkan dapat segera dituntaskan oleh PHU Kabupaten/Kota, terutama terkait pemeriksaan kesehatan. Menurut H. Kusnul Hadi, penyelesaian dokumen kesehatan sangat penting disegerakan agar tahapan pelunasan mendatang dapat berjalan lancar. "Syarat pelunasan adalah sudah tuntas pemeriksaan kesehatan dan sudah diinput data kesehatannya di SISKOHATKES. Mohon PHU Kabupaten/Kota mengawal hal tersebut," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler, H. Muhammad Nasihuddin, menjelaskan bahwa dari estimasi kuota jemaah haji Bali yang 700 jemaah, 340 paspor jemaah sudah di Kankemenag Kabupaten/Kota, 51 paspor masih dipegang jemaah dan 238 paspor sudah selesai berproses di Kantor Imigrasi. "Kalau ditotal mencapai 629 paspor. Bila diprosentasekan dari estimasi kuota Bali mencapai 89,86 persen," hitung Nasihuddin saat monitoring pembuatan paspor jemaah haji di Kanim Denpasar, Jumat (07-02-2020).

Berkas jemaah haji Provinsi Bali yang belum diajukan ke Kantor Imigrasi sendiri mencapai 36 dokumen. Menurut rekapitulasi informasi dari PHU Kabupaten/Kota, ada beberapa penyebab belum diprosesnya beberapa dokumen jemaah, diantaranya masih menunggu proses penyesuaian data. "Masih ada data jemaah antara KTP, KK dan akta kelahiran/ijazah yang belum sinkron dan kami masih menunggu sinkronisasi data tersebut," jelasnya

Selain itu, ada beberapa jemaah yang menyatakan akan membuat paspor di luar Bali dan sebagian lainnya menyatakan menunda keberangkatan hajinya di tahun 2020 ini sehingga tidak mengumpulkan kelengkapan permohonan paspor ke PHU Kabupaten/Kota. Termasuk penyebab masih belum berprosesnya dokumen jemaah adalah ada jemaah yang masih menjalankan proses pemeriksaan (BAP-red) oleh pihak imigrasi.

Pihak Kanwil Bali berharap penyelesaian dokumen paspor dapat segera dituntaskan secara keseluruhan karena tahapan penyelesaian dokumen haji lainnya telah siap menanti. "Setelah paspor, kita bersiap-siap pelunasan dan selanjutnya menyelesaikan proses pemvisaan. Semoga diberi kemudahan dan kelancaran untuk melayani para tamu Allah," harap Nasihuddin. (nas)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar