Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Kemenag Karangasem Kembangkan Majelis Taklim Haji

Kemenag Karangasem Kembangkan Majelis Taklim Haji PHU

Karangasem--Setelah mengembangkan madrasah haji dan manasik mandiri yang bekerja sama dengan berbagai instansi terkait sebagai realisasi Mahabah (Manasik Haji Bali Sepanjang Hayat), Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) di Provinsi Bali juga mengembangkan majelis taklim haji. Majelis taklim ini telah dilakukan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem. Bahkan program majelis taklim ini telah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu.

Menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kabupaten Karangasem, H. A. Sadat Kadarusman, majelis taklim haji ini telah dirintis oleh Kasi PHU sebelumnya sejak tahun 2015. Kegiatan yang digelar setiap hari Sabtu dua pekanan ini dilatarbelakangi masih banyaknya jemaah haji yang belum memahami tentang fiqih ibadah.

"Bukan hanya sekedar fiqih haji, banyak jemaah yang tidak ngerti bagaimana cara wudlu, tayammum, shalat dan praktik ibadah sehari-hari yang benar," ujar Sadat melalui pesan singkatnya. Sabtu (15/02).

Sadat sendiri meyakini bahwa perjalanan ibadah haji pasti akan banyak bersinggungan dengan hal-hal terkait amaliah ibadah dalam kehidupan sehari-hari. 

Oleh karenanya, majelis taklim haji tersebut digagas dengan mengedepankan pendidikan terkait kontinuitas ibadah sehari-hari yang sekaligus dirangkaian dengan pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah haji sehingga jemaah diharapkan langsung mendapatkan dua pengetahuan sekaligus yaitu fiqih ibadah yaumiah dan fiqih haji.

"Dengan mengedepankan kontinuitas ibadah, majelis taklim ini digagas agar jemaah haji mendapatkan dua pengetahuan sekaligus yaitu fiqih ibadah yaumiah dan fiqih haji," jelasnya. Majelis taklim haji ini kata Sadat, dilaksanakan dari rumah ke rumah, terkadang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, sesuai kesepakatan jemaah setiap dua pekanan. 

Kegiatan sendiri diisi oleh para tokoh agama yang ada di Karangasem terkait pelaksanaan ibadah sehari-hari dan sesekali mengundang narasumber dari kalangan pemerintah (Bidang PHU-red) untuk memberikan pencerahan terkait perjalanan ibadah haji.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar