Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Wujudkan Good Government dengan Tata Kelola yang Baik

Wujudkan Good Government dengan Tata Kelola yang Baik Foto by Cok Agung

(Humas Bali) Kamis, 12 Maret 2020 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) tahun 2020 yang bertempat di aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. Rakerwil dibuka oleh Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) H. Fachrul Razi dan dihadiri oleh seluruh eselon II, III, dan IV di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Bali. Rakerwil dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut hasil dari apa yang telah kami peroleh pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta beberapa waktu lalu yang tentunya akan menjadi frame-frame dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali.

“Tahun 2020 ini telah terbit Lima pokok pikiran Menteri Agama RI yang akan masuk ke beberapa program kedepan yang telah disiapkan untuk mengawal apa yang menjadi pokok pikiran tersebut” ujar Ida Bagus Mastika selaku Plt Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. Dalam hal Pemberantasan Korupsi di Jajaran Kemeterian Agama Provinsi Bali dapat dilihat dalam wujud komitmen kami membangun Zona Integritas sehingga mampu meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Dalam hal peningkatan kualitas Haji, pada tahun 2020 ini Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali dipercaya sebagai pilot Project membangun ISO (International Organitation of Standarnitation) 37001. Pendidikan Keagamaan di Provinsi Bali ini, tidak hanya terdapat pendidikan keagamaan Hindu (Pasraman) saja tetapi, tetapi juga hamper semua Agama memiliki pendidikan keagamaan di provinsi Bali ini, seperti Pesantren, Sekolah Minggu dan lain-lain. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali juga memiliki program-program Deradiklisasi antara lain sosialisasi anti radikalisme dan pendalaman terhadap penyuluh-penyuluh agamanya agar mampu menebarkan paham-paham anti radikalisme. Sementara itu penyelenggaraan pelayanan jaminan produk halal pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali dilakukan melalui PTSP sehingga mempermudah. 

Jenderal TNI (Purn) H. Fachrul Razi mengutip arahan Presiden Joko Widodo, agar anggaran yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga "tidak bocor". Untuk itu, semua anggaran harus digunakan sesuai rencana dan ada hasilnya. “Kita harus mampu mewujudkan good government pada Kementerian Agama dengan mewujudkan tata kelola yang baik dan selalu bekerja untuk kepentingan organisasi tetapi bukan untuk kepentingan pribadi” tegas Fachrul Razi. Selain itu juga Menag menegaskan terkait moderasi beragama bahwa yang moderasi adalah orangnya bukan agamanya.

Menag juga berkesempatan untuk menandatangani prasasti peresmian gedung yang dibangun melalui dana SBSN yaitu:

- Gedung KUA Balai Nikah dan manasik haji Tabanan, Tabanan.

- Gedung KUA Balai Nikah dan Manasik Haji, Banjar, Buleleng.

- Gedung Asrama  Siswa Terpadu MTsN 3 Jembrana.

- Gedung Asrama Siswa MAN Buleleng.

- Gedung Workshop Keterampilan MAN 1 Jembrana.

Hasil dari Rakerwil ini nantinya akan diketuk tularkan pada seluruh satuan kerja di Kementerian Agama Provinsi Bali.(sn)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar