Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

698 Jemaah Haji Bali Mulai Pelunasan Tahap Pertama

698 Jemaah Haji Bali Mulai Pelunasan Tahap Pertama Foto dok PHU

Bidang PHU : Mulai 19 Maret 2020, sebanyak 698 jemaah haji Provinsi Bali berkesempatan untuk melakukan pelunasan BIPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) pada Bank Penerima Setoran (BPS) - BIPIH. Sejumlah jemaah tersebut tercatat sebagai jemaah yang berhak melunasi BIPIH Tahap Pertama yang akan dilaksanakan sampai 17 April 2020 mendatang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, H. Kusnul Hadi, berpesan agar kesempatan pelunasan tersebut dimanfaat seoptimal mungkin oleh jemaah. Bahkan Kusnul juga meminta jemaah untuk tidak menunda-nunda pelunasan. "Biasanya kalau pelunasan menjelang injury time atau batas akhir waktu pelunasan, ada potensi gagal sistem karena jaringan SISKOHAT yang digunakan untuk pelunasan kecenderungan lebih crowded," tandasnya di ruang kerja.

Ke-698 jemaah itu terdiri dari 686 jemaah nomor porsi utama, 7 jemaah prioritas lansia dan 5 petugas haji daerah (PHD). Sedangkan alokasi per Kabupaten, Kota Denpasar memiliki alokasi 286 jemaah, Buleleng 85 jemaah, Jembrana 55 jemaah, Klungkung 25 jemaah, Gianyar 24 jemaah, Karangasem 25 jemaah, Bangli 2 jemaah, Badung 169 jemaah dan Tabanan 22 jemaah. Jemaah haji Bali akan melakukan pelunasan pada 6 BPS-BIPIH dengan rincian 240 jemaah pelunasan di Syariah Mandiri, 62 jemaah di Muamalat, 192 jemaah di BRI Syariah, 184 jemaah di BNI Syariah, 4 jemaah di Mega Syariah dan 11 jemaah di BTN.

Sementara itu, Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Provinsi Bali, H. Muhammad Nasihuddin, menyatakan bahwa seluruh BPS-BIPIH telah menyatakan kesiapannya untuk membantu pelunasan BIPIH jemaah haji Bali. Hasil silaturahim sekaligus koordinasi persiapan pelunasan dengan BPS-BIPIH pada Rabu (18/03/2020) lalu menunjukkan bahwa BPS-BIPIH telah siap sarana-prasarana, termasuk souvenir yang akan diberikan kepada jemaah.

"Insya Allah souvenir sudah didrop pusat ke Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Denpasar," ujar Budi Sulaksana, Pimpinan Cabang BMI Denpasar saat ditemui tim Kanwil. Khoerul Wajid, Pimpinan Cabang Bank Mandiri Syariah Denpasar dan Musai Harjuno, Manajer Operasioonal BNI Syariah Cabang Denpasar juga menyatakan hal serupa terkait kesiapan pelunasan BIPIH pada BPS-BIPIH.

Hanya saja pihak Kanwil Bali mengingatkan agar pihak BPS-BIPIH untuk tidak sungkan-sungkan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Kemenag Kabupaten/Kota atau Kanwil Bali terkait problematika yang dihadapi ketika waktu pelunasan. Termasuk diminta para operator BPS-BIPIH untuk mengingatkan jemaah agar segera menyerahkan bukti pelunasan ke Kemenag kabupaten/Kota untuk disetorkan ke Kanwil dan diproses dokumen pemvisaannya. (nas)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar