Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Islamic Short Movie Competitions

Islamic Short Movie Competitions Foto by Sania

(Humas Bali) Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali Kamis, 27 Agustus 2020 menggelar kegiatan Islamic Short Movie Competitions bertempat di The Lerina Hotel Nusa Dua. Lomba ini diikuti oleh utusan kabupaten/kota se Bali yang sebagian besar merupakan penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Kementerian Agama.

Lomba ini merupakan turunan dari program Direktorat Penerangan Agama Islam yang untuk kali ketiga menggelar lomba video pendek, dimana tahun ini Direktorat Penerangan Agama Islam menggelar Islamic Short Movie Competitions dengan tema “Jejak Wali di Nusantara”. Bidang Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali sendiri untuk kali pertamanya menggelar kompetisi semacam ini, meskipun dengan segala keterbatasan, namun semangat dan kreatifitas peserta patut mendapatkan apresiasi. Kompetisi ini mengharuskan peserta membuat film pendek berdurasi maksimal 15 menit, berisi promosi, himbauan, seruan, atau informasi terkait jejak wali nusantara.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni, S.Ag, M.Si menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Islamic Short Movie Competitions ini untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa penyebaran Islam melalui budaya merupakan cara terbaik dalam dakwah. “Sebuah karya seni yang dinikmati itu harus memiliki koridor yaitu agama sehingga sebuah karya itu dapat bermakna” Ujar Marheni.

“Saya mengajak kepada anak bangsa kita agar selalu siap menggali potensi dalam diri agar lebih kreatif, lebih inovatif tentunya dengan memanfaatkan teknologi. Mari manfaatkan media dan teknologi secara positif.”Tegas Marheni.

Lebih lanjut Komang Marheni juga menyampaikan bahwa kompetisi ini akan menghasilkan karya yang nantinya akan dapat dijadikan media untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap seni dan budaya islam dan sebagai bahan media edukasi bagi Bidang Bimas Islam. Karena hasil karya film pendek ini diharapkan mampu menyatukan kita dengan menghargai perbedaan disekitar kita.

Dari tujuh karya film pendek yang mengikuti kompetisi berhasil menjadi juara pertama yaitu perwakilan dari Kabupaten Jembrana dengan perolehan nilai 91 dimana karyanya mengangkat sejarah dari ustad semarang yang ada di kabupaten Jembrana, sementara itu untuk juara kedua yaitu kabupaten Bangli dengan perolehan nilai 89 yang mengangkat sejarah seorang tokoh bernama I Rasum dan juara ketiga adalah kabupaten Buleleng dengan nilai 82 yang mengangkat perkembangan islam di daerah Pegayaman Kabupaten Buleleng. Ketiga pemenang ini mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Seluruh karya film pendek ini telah melalui penilaian dari dewan juri yang mewakili budayawan, praktisi teknologi informasi, jurnalis, youtuber, dan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. Adapun aspek penilaian dari film pendek ini yaitu ide/gagasan, kesesuaian isi dengan tema, kekuatan pesan, kreatifitas, dan teknik visualisasi dan audio.

Ketiga karya ini akan menjadi wakil dari Provinsi Bali dalam grand final Islamic Short Movie Competitions di Jakarta pada 23 September 2020 dengan total hadiah mencapai Rp. 70 juta.(sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar