Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Pembukaan Sradha Bakti dan Penyerahan Bantuan Sarana Prasarana Keagamaan Hindu Tahun 2020.

Pembukaan Sradha Bakti dan Penyerahan Bantuan Sarana Prasarana Keagamaan Hindu Tahun 2020. Komang Sri Marheni selaku Ka.Kanwil Membuka Kegiatan Sradha Bakti dan Menyerahkan Bantuan Sarana Prasarana Keagamaan Hindu Tahun 2020.

Humas Bali, Selasa 17 November 2020, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, melalui Bidang Urusan Agama Hindu, menggelar kegiatan Sradha dan Bakti di Pura Dalem Ageng Desa Bakbakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Selain menggelar kegiatan Sradha dan Bakti, Bidang Urusan Agama Hindu juga berkesempatan untuk memberikan bantuan sarana dan prasarana Keagamaan Hindu, meliputi Genta dan seperangkat pakain pemangku, yang diberikan kepada para pemangku atau Pinandita di wilayah Desa Bakbakan Gianyar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Kepala Bidang Urusan Agama Hindu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gianyar, Kepala Seksi Pemerdayaan Umat Hindu, Kepala Seksi Kelembagaan Hindu dan Perwakilan Prajuru Adat di Desa setempat. Dengan mengangkat tema “Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Untuk Menuju Dharma Negara”, Ida Bagus Swastika, selaku Kepala Bidang Urusan Agama Hindu, mengungkapkan bahwa dalam situasi pandemi saat ini, kita sebagai umat Hindu, khususnya di wilayah Desa Bakbakan agar senantiasa menjaga Dharma Agama menuju Dharma Negara yang kuat. Khusus dalam pandemi ini, mari kita bersama-sama saling menjaga dan saling bahu membahu untuk menerapkan protokol kesehatan, agar apa yang menjadi harapan kita bersama agar pandemi ini segera berakhir, ujar IB Swastika, sekaligus mengucapkan rasa terima kasih kepada Ka.Kanwil atas bantuan sarana prasrana Keagamaan Hindu yang telah tersalurkan untuk para Pinandita di wilayah Desa Bakbakan Gianyar.

Komang Sri Marheni selaku Ka.Kanwil berkesempatan hadir untuk membuka kegiatan ini, sekaligus bertatap muka secara langsung dengan umat atau masyarakat di Desa Bakbakan Gianyar. Sri Marheni mengucapkan rasa Angayu Bagia, rasa syukur yang sangat mendalam kehadirat Tuhan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena berkat restu beliau hyang maha suci, kita semua dapat bertemu disini dalam keadaan sehat, walau dalam situasi pandemi saat ini, namun tetap menjaga dan menerapkan protap kesehatan. Sri Marheni dalam ungkapannya dihadapan seluruh umat di Desa Bakbakan dengan berbahasa Bali, “Sane dahat suciang titiang para pemangku utawi pinandita, taler sane kasuksemayang titiang manggala adat lan prajuru adat ring wewidangan sejabag desa bakbakan. Titiang rauh iriki wantah megendu wirasa majeng ida dane sareng sami, taler gargita manah titiang polih kacunduk majeng ida dane umat seDharma rauh iriki, lan serauh titiang iriki boye je nasikin segara majeng ida dane sami, nanging matemu wirasa taler ngaturang wantuan saking Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali. Dumogi presida anggen ngemargian swadharmaning agama lan nicapang sradha lan bakti ring wewidangan Desa Bakbakan puniki”, ungkap Sri Marheni yang dapat diartikan “ Para Pinadita yang kami sucikan, serta prajuru adat dan masyarakat desa bakbakan yang kami hormati. Kedatangan kami disini bukanlah untuk menggurui saudara-saudara semuanya, terlebih untuk bertukar pikiran terkait situasi terkini dan memberikan bantuan sarana prasarana Keagamaan Hindu dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali. Semoga bantuan ini nantinya dapat bermanfaat untuk kegiatan Keagamaan Hindu,serta mampu meningkatkan Sradha dan Bakti kita sebagai umat Hindu, khususnya di Desa Bakbakan”. Tutup Sri Marheni, yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sarana dan prasarana Keagamaan Hindu. (tam)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar