Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Ka Kanwil Gelorakan Semangat RELIGI Guna Raih Predikat WBBM

Ka Kanwil Gelorakan Semangat RELIGI Guna Raih Predikat WBBM Foto by Sania

(Humas Bali) Sub.Bagian Organisasi Tata Laksana dan Kerukunan Umat Beragama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Rabu, 24 Februari 2021 menggelar acara Sosialisasi Penguatan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) bertempat di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali.

Acara ini diikuti oleh seluruh Tim Pembangunan ZI Kanwil, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Bali, serta Ketua dan Sekretaris Tim Pembangunan ZI Kemenag se-Bali. Menurut Wayan Serinada selaku ketua panitia dalam kegiatan ini, memiliki tujuan mengetahui progress perkembangan Zona Integritas seluruh Kemenag Kab/Kota se-Bali, menginventarisir masukan dan saran pembangunan Zona Integritas, membangun komitmen bersama dalam hal Penguatan Zona Integritas, kegiatan ini juga dapat dijadikan bonus evidence bagi Kemenag Kab/Kota dalam pemenuhan komponen pengungkit.

“Pembangunan ZI ini jangan dijadikan ajang kompetensi tapi saling bersinergi dan berkolaborasi” Ujar Serinada. Hal yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah terpantaunya progress perkembangan ZI di Kemenag Kab./Kota se-Bali, terbentuknya komitmen yang kuat dalam membangun Zona Integritas di jajaran Kementerian Agama Provinsi Bali, dan terjalinnya kolaborasi antar Kemenag untuk bersama-sama membangun Zona Integritas.

Komang Sri Marheni dalam arahannya menggelorakan tagline yang menjadi landasan semangat ASN Kanwil dalam berkinerja yaitu RELIGI yang merupakan akronim dari Ramah, Etika, Loyalitas, Ikhlas, Gigih, Integritas. Ka Kanwil ingin agar seluruh ASN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali mampu memberikan layanan yang ramah namun tetap beretika kepada masyarakat ,loyal terhadap pekerjaan serta ikhlas dan gigih dalam bekerja dan Integritas yakni keselarasan antara hati, pikiran, perkataan dan perbuatan yang baik dan benar.

Selain itu Komang Sri Marheni juga menyampaikan guna membangun ZI menuju WBBM pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali telah menyiapkan 24 inovasi. Inovasi ini disesuaikan dengan sistem pengungkit pada pemenuhan evidence ZI. Inovasi itu antara lain Sukma Podcast, Jintomang, Rumah Binar, SIMDA (Sistem Manajemen Diklat Agama), SIMAK (Sistem Informasi Angka Kredit), SMART (Sistem Penyimpanan Administrasi Guru TPG), SIPADU (Sistem Informasi Pelayanan Agama Terpadu), SITAGA (Sistem Informasi Data Guru Agama) dan beberapa inovasi lainnya.

“Inovasi pada Kanwil yang telah membawa Kanwil meraih WBK akan dikembangkan untuk diperjuangkan pada WBBM. Layanan yang diciptakan sendiri disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan juga kemajuan teknologi informasi” jelas Marheni.

Kanwil Kemenag Prov Bali yang menjadi satu-satunya tingkat Kanwil yang mendapat predikat WBK. Tetapi itu belumlah berakhir, evaluasi akan selalu dilakukan untuk kelayakan predikat yang telah diraih. Di tahun ini, 2021 hasil dari obeservasi dilapangan telah diusulkan 3 satker lagi untuk maju menjadi pilot project ZI WBK yaitu Kemenag Kab Badung, Kemenag Kab Gianyar, dan Kemenag Kab Jembrana.

“Satu hal yang menjadi muara dalam pembangunan Zona Integritas ini adalah terwujudnya kualiatas pelayanan publik yang baik dan memuaskan” Jelas Marheni.

Sebagai bentuk komitmen dari pembangunan ZI pada Kementerian Agama di Bali, dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatangan kontrak kinerja yang dilakukan oleh seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Bali.

Dalam kesempatan ini juga dilaunching video musik yang merupaka ide kreatif dari Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni untuk memberikan semangat dan motivasi dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBBM pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. (sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar