Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Melalui Orientasi Pemangku, Kepala Bidang Ura Hindu Ajak Para Pemangku Samakan Persepsi

Melalui Orientasi Pemangku, Kepala Bidang Ura Hindu Ajak Para Pemangku Samakan Persepsi

Menjalankan Swadharma sebagai seorang pemangku sangatlah mulia dan tidak semua orang mendapat kesempatan yang sama untuk ‘ngayahin’ Ida Sang Hyang Widhi Wasa seperti pemangku, maka dari itu guna menyamakan persepsi dalam pelaksanaan ritual upacara yadnya di tengah pandemi, Bidang Urursan Agama Hindu pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali melalui Seksi Kelembagaan, Selasa, 27 April 2021 mengelar agenda Orinetasi Pemangku di Hotel Nirmala, Denpasar.

Saat membuka dan sekaligus memberikan arahan kepada 40 orang peserta yang terdiri dari pemangku dan berasal dari kabupaten/kota se-Bali, Kepala Bidang Urursan Agama Hindu Ida Bagus Suastika yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni, menegaskan bahwa seorang pemangku adalah rohaniawan Hindu dan diminta mampu menempatkan diri di tengah-tengah umat sesuai tugas dan fungsinya. Untuk itu para pemangku untuk tidak lepas dari aturan yang sudah ada dan sesuai dengan desa Kalapatra sehingga tidak terjadi kerancuan dalam pelaksanaan upacara di masing-masing wilayah. 

“Sebagai dasar dalam melaksanakan kewajibannya sebagai pemangku hendaknya selalu bepatokan kepada Tri Kerangka Agama Hindu yaitu: Tatwa, Susila dan Acara. Menjalankan dan memahami pengertian menjadi pemangku tidak lepas dari dasar-dasar sastra agama. Pastikan diri sendiri agar mengerti Tri Kerangka Agama Hindu, tingkatkan pemahaman isi dari Panca Sradha dan laksanakan Panca Yadnya dengan baik. Kalau ketiganya sudah dilaksanakan dengan baik pasti dunia dan isinya akan selamat” tutur Ka.Bid Ura Hindu yang didampingi oleh Kepala Seksi Kelembagaan I Wayan Santa Adnyana.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, 27 April – 29 April 2021 dengan mengambil tema “Mewujudkan Pemangku yang berkualitas dalam melayani Umat Hindu”, Ka.Bid Ura Hindu mengingatkan kepada para peserta untuk tidak kendor dalam melaksankan protokol kesehatan yang mengacu pada 5M selama kegiatan ini berjalan maupun saat pelaksanaan upacara Yadnya, meskipun vaksin sudah mulai bergulir serta selalu memohon dalam doa kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar pandemi ini segera berakhir dan beraktifitas normal seperti sedia kala.

“Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menggali informasi dari narasumber yang dihadirkan dan saling mentransfer ilmu pengetahuan sesama peserta serta bagikan ilmu pengetahuan ini di lingkungannya” ungkap Ka.Bid Ura Hindu Ida Bagus Suastika di penghujung sambutannya.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar