Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Ka.Kanwil Membuka Secara Resmi Orientasi Penyuluh Non PNS Angkatan I dan II Tahun 2021.

Ka.Kanwil Membuka Secara Resmi Orientasi Penyuluh Non PNS Angkatan I dan II Tahun 2021.

Humas Bali, Jumat 7 Mei 2021, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali melalui Bidang Urusan Agama Hindu menggelar kegiatan Orientasi Penyuluh Non PNS Angkatan I dan II Tahun 2021 yang bertempat di Hotel Puri Nusa Indah Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari dengan para peserta perwakilan Penyuluh Agama Hindu Non PNS utusan dari Kemenag Kabupaten dan Kota di Provinsi Bali.

Mengangkat tema “Penyuluh Arus Moderasi Beragama”, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memantapkan program kegiatan Bidang Urusan Agama Hindu Kanwil Kementarian Agama Provinsi Bali khususnya di bidang Kepenyuluhan sebagai langkah untuk meningkatkan kopetensi Penyuluh Non PNS dan sebagai upaya untuk menguatkan identitas Penyuluh yang moderat dalam menjalankan kepenyuluhan yang moderasi serta profesional.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Ibu Komang Sri Marheni, yang didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Hindu, Ida Bagus Swastika dan Kepala Seksi Penyuluh Agama Hindu, I Nyoman Dayuh, hadir memberikan sambutan kepada seluruh peserta yang hadir dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

Ka.Kanwil dalam sambutannya, sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan ini serta mengucapkan terima kasih terhadap seluruh jajaran panitia karena telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik, sehingga acara ini dapat terlaksanakan dengan lancar. Ka.kanwil mengingatkan kembali kepada seluruh peserta, dalam pelaksanaan kegiatan ini walau kita semua bisa bertatap muka, jangan pernah lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai petunjuk dan aturan pemerintah.

Sebagai penyuluh dalam situasi pandemi saat ini haruslah update dan selalu mencari informasi terbaru terkait data, berita serta aturan-aturan terbaru dari pemerintah, agar apa yang menjadi tugas dan fungsi kepenyuluhan dapat menjadi corong informasi terbaik dilingkungannya. Seperti yang terbaru saat ini, dimana pemerintah pusat telah memberi teguran terhadap pemerintah provinsi Bali terkait pelaksanaan upacara keagamaan, dimana telah tersebar foto-foto umat Hindu di Bali melaksanakan upacara keagamaan dengan banyak kerumunan, disinilah peran serta penyuluh harus bisa hadir ditengah – tengah masyarakat untuk mensosialisasikan apa yang menjadi program-program pemerintah, ujar Ka.kanwil.

Tugas penyuluh khususnya di Bali adalah menjaga tradisi, adat dan budaya Bali, jangan sampai Agama Hindu di Bali yang bernafaskan adat, tradisi dan budaya lokal bergeser dalam merebaknya aliran-aliran yang lempas dari ajarah leluhur kita, ungkap Ka.Kanwil dan berpesan kepada seluruh peserta yang hadir, bahwa hakikatnya penyuluh adalah rohnya Agama Hindu, sehingga harapan Ka. Kanwil, kedepan penyuluh Agama Hindu baik itu PNS maupun Non PNS harus selalu bersinergi untuk membangun kepercayaan publik, melalui informasi dan edukasi untuk menerangi masyarakat, sehingga penyuluh agama Hindu dapat menjadi role model bagi umat Hindu khususnya di Bali. (tam)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar