Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Ka.Kanwil Berikan Nasihat Saat Membuka Secara Resmi Kegiatan Pembinaan Pra Nikah/Wiwaha

Ka.Kanwil Berikan Nasihat Saat Membuka Secara Resmi Kegiatan Pembinaan Pra Nikah/Wiwaha

Kegiatan pembinaan Pra Nikah/Wiwaha bertujuan untuk mewujudkan generasi muda Hindu yang unggul dan maju serta dapat dijadikan sebagai pedoman bagi para pemuda pemudi Hindu untuk mengetahui ajaran agama Hindu dalam membangun suatu komitmen dengan pasangan hidupnya kelak menuju ke jenjang pernikahan (Grhasta Asrama) dan mampu memahami makna dari pernikahan.

Tujuan tersebut disampaikan dalam laporan ketua panitia oleh Ni Made Artini yang juga bertindak selaku ketua kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni yang hadir untuk membuka dan sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan Pembinaan Pra Nikah/Wiwaha yang digelar oleh Bidang Urusan Agama Hindu pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Senin, 24 Mei 2021, di Hotel Puri Nusa Indah, Denpasar.

Mengawali sambutannya terlebih dahulu Ka.Kanwil Komang Sri Marheni menghimbau kepada para peserta yang berjumlah 44 pemuda pemudi yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se-Bali untuk terus menerapkan protokol kesehatan 5M  sesuai dengan Instruksi Menteri Agama No 1 tahun 2021 yaitu memakai masker,mencuci tangan, menjaga jarak, menjahui kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi. Selain menerapkan 5M Ka.Kanwil juga mengingatkan untuk terus meningkatkan imunitas tubuh dengan olah raga dan istirahat yang cukup.

‘’Pembinaan dalam kegiatan ini adalah untuk menyiapkan remaja yang sudah siap memasuki pernikahan  ( Grahasta Asrama). Pernikahan atau Pewiwahan dalam ajaran agama Hindu merupakan Yadnya dan perbuatan Dharma. Pewiwahan merupakan awal  dari Grahasta Asrama yaitu tahapan kehidupan berumah tangga. Seorang Grahasta inilah yang harus benar benar mampu mandiri mewujudkan Dharma dan mempersiapkan segala sesuatunya yang matang dan siap dalam menempuh kejenjang pernikahan ” tutur Ka.Kanwil Komang Marheni yang didampingi oleh Kepala Bidang Urusan Agama Hindu Ida Bagus Suastika saat memberikan arahan.

               Menikah bukanlah sesuatu hal yang dapat dipandang enteng. Menikah adalah suci, mulia dan sakral karena sesuai dengan satra agama. Dalam suatu pernikahan diperlukan adanya saling pengertian terhadapa pasangan, saling menutupi kekurangan dan bertanggung jawab kepada pasangannya, memahami akan hak dan kewajibannya. Finansial juga merupakan pondasi yang sangat diperlukan dalam membangun rumah tangga, untuk itu sebelum menikah kepada calon kepala keluarga wajib memiliki pegangan yaitu bekerja atau keduanya bekerja akan lebih baik lagi, sehingga saat akan melangkah ke jenjang pernikahan masing-masing pasangan telah memiliki sebuah modal dasar. Bumbu-bumbu dalam pernikahan adalah hal yang wajar, justru dengan adanya bumbu-bumbu tersebut kehidupan berumah tangga akan menjadi lebih dewasa asalkan tidak terdapat kekerasan dalam rumah tangga dan perselingkuhan.  Pendewasaan dalam berumah tangga akan berjalan seiring dengan pendewasaan dalam diri masing-masing pasangan. Nasihat tersebut disampaikan kepada pemuda pemudi yang akan menjadi nahkoda rumah tangga dan yang akan menjadi seorang ibu yang melahirkan, merawat dan membesarkan anak Suputra demi berlangsungnya keseimbangan jagat raya.

“Maka dari itu saya sangat berharap kepada pemuda pemudi yang hadir dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, Senin, 24 Mei s.d Rabu, 26 Mei 2021 dapat menjadi generasi muda yang unggul dan maju serta memiliki keseimbangan dan kecerdasan intelektual dengan kecerdasan spiritual ” harap Ka.Kanwil Komang Marheni saat mengakhiri sambutannya di kegiatan yang menggambil tema Melalui Kegiatan Pembinaan Pra Nikah (Wiwaha) Kita Tingkatkan Moralitas Dan Spiritualitas Remaja Sebagai Landasan Awal Sebelum Memasuki Jenjang Pernikahan (Grhasta Asrama).

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar