Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali Ajak Calon Jemaah Haji Bali Paham Moderasi Beragama

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali Ajak Calon Jemaah Haji Bali Paham Moderasi Beragama Arahan Ka Kanwil Foto by Sania

(Humas Bali) Kembali Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali menggelar kegiatan Jagong Masalah Umrah dan Haji yang diberikan akronim JAMARAH Senin, 24 Mei 2021. Dilaksanakan di Royal Tulip Hotel Jimbaran Bali, kegiatan ini mengusung tema Penguatan Moderasi Beragama dalam Pembinaan Jemaah Haji.

Mengapa Jamarah ini mengusung tema penguatan moderasi beragama? Seperti dijelaskan oleh Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Abu Siri, kegiatan ini merupakan inovasi dari implementasi terhadap program utama dari Kementerian Agama untuk membumikan Moderasi Beragama. “Dikaitkan dengan penguatan moderasi beragama baik dalam pelaksanaan manasik haji maupun umrah. Moderasi beragama harus terus dilaksanakan baik secara tatap muka tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kami menggandeng seluruh unsur penyelanggara haji Kabupaten/Kota,  pengurus IPHI, SAHI, KBIHU, PPIU, dan PIHK” jelas Abu Siri.

Selain itu juga Agu Siri menjelaskan kegiatan semacam ini yang diselenggarakan di hotel tidak lain upaya dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali untuk membantu perekonomian pariwisata di Bali yang sedang terpuruk, serta mampu menyuarakan kepada lembaga lain baik di Bali maupun diluar Bali untuk tidak ragu datang ke Bali baik untuk berwisata maupun untuk menyelenggarakan kegiatan. Adapaun alasan Abu Siri menjelaskan hal semacam itu, karena Hotel Royal Tulip ini sendiri telah mampu menerapkan protokol kesehatan dengan sangat baik. Tentu saja hal ini memberikan rasa aman baik pihak penyelenggara maupun peserta yang mengikuti kegiatan Jamarah ini.

Komang Sri Marheni selaku Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali dalam arahannya menyampaikan apresiasi terhadap Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah yang telah mampu merancang kegiatan Jamarah ini dengan baik dan tidak mengesampingkan protokol kesehatan. Dalam kesempatan ini Komang Sri Marheni mengajak seluruh peserta yang merupakan unsur pelaksana dalam penyelenggaraan haji dan umrah untuk mampu memahami juga apa itu Moderasi Beragama. “Mari kita menanamkan dalam benak kita untuk mampu beragama dan berbudaya yang tidak sempit. Mari kita ajak calon Jemaah haji kita untuk berpikiran terbuka jangan sempit, karena moderasi beragama mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang ramah dan toleran. Mampu mensyukuri ciptaan Tuhan dengan selalu mengajak orang disekitar kita untuk berpikir jernih” Ajak Ka Kanwil.

Selain itu juga Ka Kanwil menyampaikan kepada peserta untuk membantu pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama untuk mampu berjalan bersama satu suara dalam memberikan pemahaman kepada para calon Jemaah haji kita. “Jangan membuat berita atau jika ada berita yang masih diragukan kebenarannya jangan dibahas sendiri, tetapi sampaikan kepada kami di Kementerian Agama Provinsi Bali dan mari kita musyawarahkan bersama” Jelas Marheni.

“Jangan membuat calon Jemaah bingung, kita harus satu suara dengan Menteri Agama” Tegas Marheni.

Komang Sri Marheni juga mengajak seluruh peserta untuk menyampaikan kepada calon Jemaah haji agar mampu paham digital dan media. “Mari kita ajak calon Jemaah haji kita untuk mampu melek informasi dan teknologi” ajak Ka Kanwil. Selain itu juga Ka Kanwil mengajak untuk mengajarkan kemandirian kepada calon Jemaah untuk memudahkan pelaksanaan ibadah haji nanti.

Selain itu juga, dalam kegiatan ini juga diumumkan hasil dari lomba video Sosialisasi Program 5M yang menjadi instruksi dari Menteri Agama. Lomba video ini sendiri diikuti oleh seluruh penyelenggara haji di Kabupaten dan Kota serta mitra kerja Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah. Untuk kategori kelompok non Kementerian Agama terbaik pertama diraih oleh PT. Noor Abika Tours (PPIU),  terbaik kedua diraih oleh PT. Southern of Sumatera (PPIU) dan terbaik ketiga diraih oleh KBIHU Al Mabrur.

Sementara untuk kategori kelompok Kementerian Agama terbaik pertama diraih oleh Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar, terbaik kedua diraih oleh Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung, dan terbaik ketiga diraih oleh Penyelenggara Haji dan Umrah Kabupaten Jembrana. Selamat kepada para juara dan terima kasih sudah membantu Kementerian Agama dalam Sosialisasi Program 5M guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Agar penyelenggaraan ibadah haji dan umrah Indonesia dapat segera dilaksanakan.

Hadir juga menjadi narasumber Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali memaparkan lebih terperinci pemahaman dari Moderasi Beragama serta sharing pengalaman terhadap penyelenggaraan ibadah haji. (sn)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar