Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Bidang Pendidikan Agama Islam Gelar Rapat Koordinasi

Bidang Pendidikan Agama Islam Gelar Rapat Koordinasi

(Humas Bali) Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Senin, 24 Mei 2021 menggelar Rapat Koordinasi, Penguatan, dan Perluasan Akses Program Pendidikan Islam bertempat di B Hotel Denpasar. Kegiatan ini diikuti oleh sleuruh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kabupaten/Kota se Bali, Kepala Madrasah se Bali, dan Bidang Pendidikan Agama Islam pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali.

Kegiatan ini mengusung tema Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, dan kemandirian Pondok Pesantren pada Pendidikan Islam Provinsi Bali tahun 2021. Tujuan dari rapat koordinasi ini sendiri sebagai sarana silaturahmi dan musyawarah seluruh pelaku pendidikan dalam melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran secara daring yang telah berlangsung satu tahun terakhir ini dan juga persiapan terhadap proses pembelajaran tatap muka pada bulan Juli mendatang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni dalam arahannya mengajak seluruh pelaku pendidikan untuk melakukan sosialisasi program 5M. “Untuk mempersiapkan pembelajaran secara tatap muka, harus diperhatikan selaku tenaga pendidik untuk senantiasa berperilaku sehat. Karena perilaku hidup sehat kita dapat menjadi contoh bagi anak anak didik kita.” Ujar Marheni.

Perlu diperhatikan juga mempersiapkan proses pembelajaran tatap muka Ka Kanwil mengingatkan jangan sampai sekolah atau madrasah menjadi kluster baru dari penyebaran Covid 19.

Ka Kanwil dalam arahannya juga menegaskan untuk bersama membangun madrasah dan pondok pesantren. “Kementerian Agama ingin membangun pondok pesantren yang mandiri. Hal ini harus kita berikan dukungan dan motivasi. Mari bangun unit usaha sekecil apapun agar mampu menjadi pondok pesantren yang mandiri dan berprestasi.”Ujar Marheni.

Selain itu juga Komang Sri Marheni menyampaikan bahwa semua madrasah nantinya harus masuk dalam zona integritas. “Mari bangun inovasi dalam pelayanan publik dimasing masing wilayah kita” ujar Marheni.

Moderasi Beragama juga menjadi pembahasan dalam rakor ini. Penguatan dan usaha membumikan moderasi beragama kemabli digaungkan Ka Kanwil kepada pelaku pendidikan se Bali ini. “Kuatkan toleransi, kuatkan rasa kasih sayang, kuatkan keharmonisan maka kedamaian akan tercipat. Moderat artinya bisa menerima tradisi, menerima perbedaan karakter dilingkungan kita. Mampu menekan perasaan kita atas nama toleransi” jelas Marheni.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan pemaparan kepala madrasah yang maju untuk diajukan dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Masukan pun diberikan Ka Kanwil untuk kemajuan dalam pembangunan Zona Integitas pada madrasah.(sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar