Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Melalui Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Pasraman Kegiatan II, Padukan Kurikulum Nasional Dengan Kurikulum Pasraman

Melalui Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Pasraman Kegiatan II,  Padukan Kurikulum Nasional Dengan Kurikulum Pasraman

        Kurikulum merupakan wahana belajar mengajar yang dinamis sehingga perlu dikembangkan dan dinilai secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan yang ada di masyarakat. Oleh sebab itu Bidang Pendidikan Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali memandang perlu untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi kurikulum Pasraman bagi guru-guru Pasraman yang ada di Bali, agar dapat lebih meningkatkan pemahaman mengenai kurikulum pembelajaran pada Pasraman untuk di terapkan di Pasraman masing-masing.

        Hal tersebut di sampaikan dalam laporan ketua panitia oleh Plt. Kepala Seksi Sistem Informasi Ketut Sudiana yang juga dalam kegiatan ini bertindak selaku ketua panitia Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Pasraman Kegiatan II. Laporan tersebut disampaikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni yang hadir untuk membuka dan sekaligus memberikan sambutan beserta arahan, Jumat, 28 Mei 2021, di Hotel Puri Nusa Indah, Denpasar. Maka dari itu melalui laporannya Ketut Sudiana juga menyampaikan bahwas tujuan dari Kegiatan yang hanya berlangsung 1 hari, Jumat, 28 Mei 2021 adalah untuk membantu guru dalam menyusun RPP dan memperoleh pemahaman mengenai kurikulum Pasraman sehingga memudahkan guru dalam mengajar, serta menambah wawasan didalam menunjang tugas pokok dan meningkatkan profesionalitas Guru-guru Pasraman. 

        Dalam arahannya Ka.Kanwil Komang Marheni menyampaikan bahwa kurikulum yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan proses pembelajaran yang dipegang oleh guru juga akan mempengaruhi proses pembelajaran yang dilakukan bersama anak disekolah. Sehingga menurut Ka.Kanwil, Kurikulum pendidikan Pasraman dalam konteks kekinian, memadukan kurikulum Nasional dengan kurikulum Pasraman dengan perbandingan 60:40 (60% adalah kurikulum Pendidikan keagamaan dan 40% kurikulum Pendidikan umum). 

        “Dalam penerapan sebuah kurikulum selain kontennya, yang tidak kalah pentingnya adalah roh dari kurikulum itu sendiri, dalam arti dengan kurikulum yang dibuat kemana anak didik itu akan diarahkan. Dengan formulasi seperti itu pendidikan Pasraman nantinya diharapkan dapat menghasilkan output yang tidak hanya memiliki kecerdasan dalam bidang intelektual saja (IQ) tetapi juga cerdas dalam bidang EQ dan SQ serta memiliki kecerdasan-kecerdasan lainnya” ungkap Ka.Kanwil Komang Marheni

        Oleh sebab itu melalui arahannya Ka.Kanwil Komang Marheni juga meminta kepada para guru agar selalu berinovasi dengan memperkaya ilmu untuk menambah wawasan dan menyelaraskan ilmu agama dengan teknologi, budaya dan seni agar menjadi terampil dan profesional. Serta berharap melalui kegiatan yang mengambil tema Melalui Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Pasraman Kegiatan II Kita Tingkatkan Profesionalisme Guru Pasraman dalam Upaya Memajukan Pendidikan Keagamaan Hindu, dapat menghasilkan output secara kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar