Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Ka Kanwil Sambut Hangat Kehadiran Kanwil Kemenag DIY di Pulau Dewata Sebagai Saudara Seperjuangan

Ka Kanwil Sambut Hangat Kehadiran Kanwil Kemenag DIY di Pulau Dewata Sebagai Saudara Seperjuangan Obrolan hangat Ka Kanwil Bali dan Ka Kanwil DIY Foto by Sania

(Humas Bali) Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Rabu, 2 Juni 2021 menggelar Rapat Kerja Wilayah Kanwil Kementerian Agama D.I. Yogyakarta mengambil tema “New Public Services (NPS) Kemenag DIY Wujud Nyata Percepatan Transformasi Layanan Publik”, sebagai tindak lanjut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2021 dengan tema ”Percepatan Transformasi Layanan Publik” bertempat di Grand Inna Bali Beach, Denpasar Bali.

Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I Yogyakarta sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Tahun 2021 melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Tahun 2021 di Kota Denpasar Bali, sebagai tindak lanjut dari Rakernas Kementerian Agama Tahun 2021. Pemilihan tempat di Provinsi Bali, dikarenakan sebagai berikut: Bali mempunyai kesamaan dengan D.I. Yogyakarta sebagai Provinsi yang mempunyai peninggalan kekayaan warisan budaya, sehingga dijadikan destinasi wisata domestik di Indonesia; Masyarakat Bali mempunyai pikiran terbuka, kerjasama sosial, dan kesetaraan sebagai karakteristik dari masyarakat multikultural, yang terdiri dari budaya yang dipengaruhi oleh agama Hindu, dan diperkaya dengan keragaman multi-budaya, dan etnis. Bali direkomendasikan oleh KemenPAN-RB untuk bergabung dalam Hub JIPP. Hub JIPP merupakan platform yang digunakan untuk pembinaan inovasi pelayanan publik sebagai bagian dari upaya transformasi pelayanan, sebagaimana diharapkan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni selaku tuan rumah, hadir menyambut seluruh peserta Rakerwil dan juga berkesempatan berbagi cerita terkait pembangunan Zona Integritas pada Kementerian Agama Provinsi Bali. Dipilihnya Bali sebagai lokasi penyelenggaraan Rakerwil ini tentunya membawa angin segar bagi perekonomian Bali yang sangat bergantung dari sektor Pariwisata. “Perekonomian Bali sangatlah bergantung dari sektor Pariwisata. Pandemi Covid 19 ini benar benar memukul dan mematikan perekonomian masyarakat Bali. Saat ini Bali perlahan bangkit, adanya kehadiran Bapak Ibu Kanwil Kementerian Agama Provinsi DIY ke Provinsi Bali akan membantu bangkitnya perekonomian di Bali” Ujar Marheni.

Selain itu Komang Sri Marheni menyampaikan bahwa Yogyakarta baginya adalah saudara seperjuangan dalam membangun Zona Integritas. Seperti kita ketahui bersama, Kantor Kementerian Agama kota Denpasar dan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta saat ini berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), sehingga bagi Marheni Yogyakarta bukanlah orang lain lagi. “Saat ini saya sedang berupaya untuk mampu membangun Zona Integritas pada seluruh Kabupaten/Kota se Bali dan tahun ini Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali dalam upaya meraih predikat WBBM” jelas Marheni.

“Layanan adalah citra dari suatu instansi. Sehingga pelayanan yang tidak hanya baik atau prima saja yang harus kita berikan, namun bagaimana kita mampu memberikan pelayanan yang nyaman kepada masyarakat” jelas Ka Kanwil.

Selain itu juga, dalam kesempatan ini Ka Kanwil menegaskan bahwa selain membangun Zona Integritas, menjadi fokus pelayanan publik kita adalah bagaimana kita mampu membumikan moderasi beragama. “Menteri Agama telah memberikan instruksi kepada kita sebagai tindak lanjut dari perintah presiden Joko Widodo untuk mampu membumikan Moderasi Beragama. Sehingga, sudah menjadi perhatian kita bersama untuk lebih concern terdapat Moderasi Beragama dengan mampu memberikan pemahaman dan juga selalu menyelipkan pesan akan Moderasi Beragama dalam setiap aktivitas, kegiatan maupun dalam berkinerja pada seluruh pegawai dilingkungan kementerian Agama Provinsi Bali.” Jelas Marheni.

Hadir juga dalam Rakerwil ini Kepala Biro Ortala Setda Pemprov Bali dan Ketua FKUB Provinsi Bali sebagai pembicara.(sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar