Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Ka. Kanwil Berikan Arahan Saat Menutup Kegiatan Sinkronisasi Data Dan Informasi

Ka. Kanwil Berikan Arahan Saat Menutup Kegiatan Sinkronisasi Data Dan Informasi

        Kegiatan Sinkronisasi Data Dan Informasi Dengan Instansi Terkait yang digelar oleh Sub. Bag. Perencanan Data Dan Informasi yang telah berlangsung selama 2 hari, Kamis, 3 Juni s.d Jumat, 4 Juni 2021 dengan jumlah  40 orang peserta diantaranya 12 orang dari instansi yang terkait dengan data dan dari lembaga keagamaan serta Kemenag Kab/Kota se-Bali, akhirnya di tutup secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni, Jumat, 4 Juni 2021, di Hotel Puri Nusa Indah. Sebelum menutup kegiatan Ka. Kanwil Komang Maheni terlebih dahulu memberikan arahan kepada peserta didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Nurkhamid dan Plt. Ka. Sub. Bag. Perencana  Data Dan Informasi Pande Ariawan sekaligus ketua panitia kegiatan.

        Dalam arahannya Ka. Kanwil Komang Marheni menyampaikan bahwa data sangat penting sekali dalam menyusun sebuah rencana yang terkait dengan anggaran. Jika ingin ada perubahan dalam sisi anggaran, maka datanya harus dinamis dan dapat ditelusuri secara logika. Apabila anggaran tidak mengalami perubahan maka dapat dipastikan data tidak berubah.

        Data Keagamaan sumbernya adalah Kementerian Agama, maka dari itu instansi-instansi yang terkait dengan data beserta lembaga keagamaan adalah mitra Kementerian Agama yang berkontribusi terhadap data keagamaan. Sedangkan penyuluh merupakan kepanjangan tangan dari Kementerian Agama untuk memperoleh data-data umat dan tempat-tempat ibadah di kabupaten/kota.

        “ Umat dan tempat ibadah kita tersebar di seluruh Indonesia, karena tersebar di seluruh Indonesia, Pemerintah memberikan bantuan dengan melihat data. Dengan data itulah bantuan dapat di salurkan oleh pemerintah untuk tempat-tempat ibadah yang memerlukan pemeliharaan serta bantuan kepada umat sehingga bantuan tersebut dapat tersebar dengan merata. Ada 3 prinsip yang utama untuk menyatukan menjadi satu data, yaitu standar data, portal data dan instrument data ” ungkap Ka.Kanwil Komang Marheni

        Melalui kegiatan dengan tema Integrasi Data Guna Mewujudkan Satu Data Indonesia, Ka. Kanwil Komang Marheni berharapa kepada para peserta untuk mendukung program Pemerintah agar anggaran yang diberikan dapat sesuai peruntukannya, yaitu dengan bersinergi bersama-sama untuk memberikan informasi terkait data yang nantinya akan dikekola dan akan berkonstribusi pada masyarakat sehingga masyarakat yang ingin mencari data dapat mencari dengan cepat, akurat dan dinamis dari sumber yang terpercaya. Di penghujung arahannya Ka.Kanwil meminta kepada para peserta untuk membagikan informasi yang di dapat dari antar peserta maupun narasumber untuk dibagikan kepada rekan kerjanya.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar