Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Ka.Kanwil Sambut Hangat Kunjungan Bimbingan Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta

Ka.Kanwil Sambut Hangat Kunjungan Bimbingan Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta

        Terkait dengan Studi Orientasi Penyuluh Agama Hindu yang digelar oleh Bimibingan Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diadakan di Bali, dikarenakan banyak  prestasi yang di torehkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali dan Kantor Kementerian Agama Kab/Kota di Bali melalui Inovasi dan Layanan yang diciptakan serta disajikan kepada umat.

Hal tersebut disampaikan oleh Pembimbing Masyarakat Hindu Kanwil Kemenag DIY Mugiyani saat memimpin rombongannya yang berjumlah 32 orang peserta dalam melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali yang diterima secara hangat oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni di aula Kanwil Kemenag Prov. Bali, Selasa, 8 Juni 2021.

“Selain prestasi yang di torehkan, Bali adalah pusatnya umat Hindu di Indonesia dan beberapa Pura yang ada di Bali juga pernah di didirikan oleh leluhur-leluhur yang berasal dari Jawa, maka dari itu kami ingin menelusuri sembari melakukan Tirta Yatra. Besar harapan kami, usai kegitan ini wawasan penyuluh kami semakin terbuka dan dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dilakukan oleh penyuluh agama Hindu di Bali”  ungkap Mugiyani saat mengakhiri laporan serta maksud dan tujuan dari kegiatan ini.

Bali tersohor karena agama, adat dan budayanya, tentu hal ini tidak berbeda jauh dengan Yogyakarta. Hal inilah yang menjadikan Bali sebagai pulau yang bercahaya (bawa Maurip/Metaksu dan berjiwa) tertata dalam harmoni Tri Hita Karana. 

Ungkapan tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Komang Sri Marheni saat memberikan sambutan dan sekaligus ucapan selamat datang kepada rombongan Bimibingan Masyarakat Hindu Kanwil Kemenag DIY.

“Kini Bali berada dalam persimpangan antara mempertahankan tradisi dalam modernisasi. Disinilah peran penyuluh memberikan pencerahan pada umatnya agar Hindu juga harmonisasi  dengan modernisasi. Pandemi covid telah merubah tatanan secara multidimensi baik itu agama, budaya, sosial, politik. Tatanan agama harus juga harmoni dengan yang di atur oleh negara dalam hal ini protokol kesehatan.  Namun di balik itu kami hadir dengan berbagai inovasi di masa pandemi melalui media sosial dan salah satunya podcast yang kami beri nama Sukma Podcast. Sarana ini bisa di manfaatkan untuk bimbingan penyuluhan. Begitu juga penyuluh kami bimbingan penyuluhan dilakukan secara on line dengan masyarakatnya dan juga melakukan tatap muka namun tetap dengan protokol kesehatan” tutur Ka.Kanwil Komang Marheni yang didampingi oleh Kepala Bidang Ida Bagus Suastika beserta jajaran dari Bidang Urusan Agama Hindu yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.  

        Lebih lanjut Ka.Kanwil Komang Marheni juga mengenalkan inovasinya yaitu Tangan Umat. Menurutnya Inovasi ini bertujuan untuk mendukung eksistensi produksi lokal dibidang pangan di wilayah Bali dan turut berupaya menggerakan ekonomi rakyat Bali melalui sebuah gerakan berbelanja di petani, peternak dan pedagang lokal Bali.

        Dengan demikian Ka.Kanwil Komang Marheni berharap agenda ini mampu menjadi ladang diskusi, dialog, sharing pengamalan untuk menjadikan penyuluh yang kompeten, smart (cerdas) dan quality (berkualitas) sebagaimana sastra utama nitisastra penyuluh yang ”Sadhu Gunawan”. dengan demikian penyuluh agama tetap menjadi garda terdepan, ujung tombak untuk Hindu bercahaya.

        ”Semoga dengan kehadiran Penyuluh kami yaitu Penyuluh PNS berprestasi Tingkat Nasional dan Penyuluh Teladan Non PNS Tingkat Provinsi Bali semakin menambah inspirasi dan motovasi dalam pembinaan umat Hindu di Yogyakarta. Selamat menikmati Bali dan tetap jalin komunikasi dan relasi untuk kemajuan Sanatana Dharma” ungkap Ka.Kanwil mengakhiri sambutannya.

        Agenda dengan tema “ Melalui Study Orientasi Penyuluh Agama Hindu Ke Provinsi Bali, Kita Kuatkan Wawasan Moderasi Beragama & Inovasi Layanan Penyuluhan Agama Hindu Daerah Istimewa Yogyakarta” diakhiri dengan penukaran cinderamata antara Ka.Kanwil Komang Sri Marheni dengan Pembimas Hindu DIY Mugiyani sebagai kenang-kenangan dan dilanjutkan dengan Simakrama.


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar