Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

PAUD, Pondasi Awal Pendidikan Seorang Anak

PAUD, Pondasi Awal Pendidikan Seorang Anak

        Di tengah perkembangan pengetahuan dan teknologi serta dinamika perubahan sosial-budaya masyarakat yang semakin cepat, maka tuntutan profesionalisme di dalam pelaksanaan tugas juga semakin menjadi tuntutan. Bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), profesionalisme utamanya dapat diukur dari sejauh mana kemampuan mengaktualisasikan kompetensi yang dipersyaratkan. Empat kompetensi inti guru yang dijabarkan ke dalam kompetensi guru PAUD bermuara pada pengaktualisasian profesionalisme. Dalam ruang lingkup tugasnya, guru dituntut untuk memiliki sejumlah keterampilan terkait dengan tugas-tugas yang dilaksanakannya. maka terdapat beberapa faktor yang menyebabkan semakin tingginya tuntutan terhadap keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai dan dimiliki oleh guru.

        Laporan tersebut dipaparkan oleh Ni Luh Srimiti selaku Ketua Panitia pada acara pembukaan Orientasi Peningkatan Kompetensi Bagi Guru Paud kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provisni Bali Komang Sri Marheni, Selasa, 8 Juni 2021, di Hotel Puri Nusa Indah, Denpasar. Lebih lanjut Srimiti menjelaskan maksud dan tujuan dari Orientasi ini dilaksanakan adalah Meningkatkan 6 aspek perkembangan anak pada Paud, Meningkatkan 4 kompetensi dasar bagi Guru Paud dan Mampu mencetak generasi yang berkarakter mandiri, cerdas, dan berkepribadian luhur.

        Selain membuka Orientasi secara resmi yang digelar oleh Bidang Pendidikan Agama Hindu, Ka.Kanwil Komang Marheni juga sekaligus memberikan arahan kepada 40 peserta yang berasal dari guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten/Kota se-Bali. Dalam arahannya Ka.Kanwil Komang Marheni menyampaikan banyak orang yang beranggapan kalau menjadi pendidik anak usia dini (PAUD) itu mudah, cukup dengan bernyanyi-nyanyi, tepuk tangan, dan pulang. Padahal anggapan itu untuk di jaman sekarang ini tidak benar. 

        “Pendidik PAUD dalam melaksanakan pembelajaran harus sesuai dengan kurikulum. Pembelajaran yang di berikan kepada anak juga harus sesuai dengan tema, dan sudah dirancang sebelumnya dengan membuat Program Tahunan (PROTA), Program Semester (PROMES), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Dari RKH inilah, kegiatan yang di rancang harus di berikan kepada anak setiap harinya.” tegas Ka.Kanwil Komang Marheni dalam arahannya.

        Ka.Kanwil Komang Marheni yang didampingi oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama Hindu Ida Ayu Dharma Yanti beserta Kepala Seksi Pendidikan Agama Hindu Pada Pendidikan Menengah Sulastri, berharap dengan menerapkan 6 aspek perkembangan anak dengan dasar empat kompetensi yang di miliki pendidik PAUD, maka akan dapat mencetak generasi yang berkarakter mandiri, cerdas, dan berkepribadian luhur. Karena siswa Paud adalah merupakan pondasi awal pendidikan seorang anak.

        Mengakhiri arahannya Ka.Kanwil mengapresiasi kepada Bidang Penda Hindu beserta panitia yang telah memprogramkan kegiatan dengan baik selama 4 hari, Selasa, 8 Juni s.d Jumat, 11 Juni 2021, dengan tema “Kita Wujudkan Pendidikan Yang Ramah Anak Untuk Mempercepat Terwujudnya Peserta Yang Berkarakter Luhur”. 

        “Selamat mengkuti kegiatan Orientasi Peningkatan Kompetensi bagi Guru PAUD kepada semua peserta, manfaatkanlah waktu 4 hari disini untuk mendapatkan ilmu yang dapat menunjang keprofesionalan sebagai Guru PAUD dan ingat Protokol Kesehatan jangan kendor, jaga imunitas” tutup Ka.Kanwil dengan mengucap “Om Awighnamastu Namah Siddham” sebagai tanda dibukanya Orientasi ini secara resmi.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar