Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Lakukan Pembinaan Pengurus LPTQ se Bali, Wamen Tebarkan Moderasi Beragama

Lakukan Pembinaan Pengurus LPTQ se Bali, Wamen Tebarkan Moderasi Beragama Wamen Berikan Arahan Foto by Cok Agung

(Humas Bali) Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Bali Jum’at, 11 Juni 2021 menghadiri pembinaan pengurus LPTQ Kabupaten/Kota se Bali Tahun 2021 yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Bali. Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, pembinaan ini dihadiri oleh seluruh pejabat eselon III dilingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, seluruh ketua LPTQ Kabupaten/Kota se Bali, dan Ketua MUI Kota Denpasar.

Dalam laporannya H Masrur Makmur selaku ketua LPTQ Provinsi Bali menyampaikan meskipun umat Muslim merupakan minoritas, namun pelatihan pelatihan baik jangka pendek dan jangka panjang tetap dilakukan secara berkala. Disampaikan pula prestasi yang dicapai oleh kontingen Bali dalam MTQ ke XXVIII tahun 2020 lalu di Sumatera Barat.

Zainut Tauhid dalam arahannya mengajak seluruh ketua LPTQ se Bali yang juga merupakan tokoh masyarakat, untuk bersama pemerintah menyukseskan program vaksinasi. Namun, vaksinasi ini juga perlu dipahami bukan semata kita bebas dari paparan Covid 19. Zainut mengajak para tokoh ini agar mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan meskipun sudah menjalani vaksinasi dengan lengkap.

Selain itu dalam kesempatan ini juga Zainut menyinggung isu yang sedang berkembang dimasyarakat kita terkait pembatalan keberangkatan calon Jemaah haji tahun 1442H/2021 M. “Saya berharap seluruh elemen bersinergi dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tekait pembatalan haji. pembatalan haji, bukan karena vaksin, bukan karena lemahnya diplomasi kita, dan juga bukan karena utang kita kepada Arab Saudi. Pembatalan sebagai upaya pemerintah melindungi rakyatnya dari penyebaran pandemi. Selain itu saat ini belum ada satu negarapun yang mendapatkan quota.”Jelas Zainut.

LPTQ merupakan lembaga yang berada dibawah naungan Kementerian Agama, sehingga kepengurusannya dalam membina siswa didiknya dalam lomba tilawah tidak hanya sebatas memperindah bacaan agama tetapi memahami ajaran agama dan kitab suci yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

“Pemerintah melalui Kementerian Agama saat ini tengah menggalakkan Moderasi Beragama. Moderasi Beragama bukanlah memoderatkan ajaran agama. Agama apapun mengajarkan kebaikan, kasih sayang, dan saling menghormati sesama, yang perlu dimoderatkan adalah cara pemahaman kita terhadap ajaran agama. Jangan memahami ajaran agama secara tekstual. Karena pemahaman ajaran agama yang tekstual akan menjurus pada pemahaman yang sempit.” Jelas Zainut.

Zainut pun menyoroti fenomena yang ada ditengah remaja kita saat ini dimana tidak terlepas dari gadget. “Saat ini banyak anak muda kita yang mempelajari ajaran agama dari dunia maya, dari internet bukan kepada ahlinya atau kepada guru agama. Hal ini perlu kita perhatikan bersama untuk mengajak anak muda kita memahami bahwa tidak cukup hanya belajar dari internet yang tidak bisa kita konfirmasi kebernaran akan ajaran agama yang dipelajari tersebut.” Ujar Zainut.(sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar