Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Bali Targetkan Tambah 3 KBIHU Baru

Bali Targetkan Tambah 3 KBIHU Baru Foto by PHU

Bidang PHU : Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali menargetkan adanya tambahan 3 (tiga) Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) baru yang akan mendapatkan ijin opersional pada tahun 2021 ini. Ketiga KBIHU tersebut adalah KBIHU Amalul Jannah (Amanah) Badung, Wali Sanga Badung dan Nusantara Denpasar.


Target tersebut disampaikan Plt. Kepala Seksi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji, H. Muhammad Nasihuddin, saat melakukan verifikasi faktual persyaratan administrasi pendirian KBIHU pada lembaga KBIHU Amalul Jannah dan KBIHU Wali Sanga, Rabu (23/06/2021). Dengan tambahan tersebut, diharapkan pelaksanaan pembinaan jemaah haji di Provinsi Bali semakin intensif dan massif.


Menurut data, sampai pertengahan tahun 2021 ini Bali telah memiliki 2 (dua) KBIHU yang memiliki ijin operasional resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu KBIHU Persaudaraan Denpasar dan KBIHU Al-Mabrur Buleleng. "Jika ketiga KBIHU baru tersebut selesai ijin operasionalnya, insya Allah pembinaan jemaah untuk masa operasional haji tahun 2022 sudah dikawal 5 KBIHU." ujarnya.


Penambahan KBIHU baru sangat dimungkinkan seiring kebijakan dibukanya moratorium perijinan pendirian KBIHU baru pada tahun 2019 serta terbitnya Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 59 Tahun 2019 tentang Pedoman Operasional Kelompok Bimbingan. Dalam Kepdirjen tersebut, dijelaskan tentang persyaratan administrasi pendirian KBIHU.


"Alhamdulillah, dari 2 KBIHU yang telah kami verifikasi, sebagian persyaratan sudah terpenuhi seperti akta pendirian yayasan, SK kepengurusan dan pembimbing, program dan schedule pembinaan, keterangan kelompok binaan KBIHU serta data jemaah binaan." jelasnya mengutip Kepdirjen Nomor 59 Tahun 2019. Sedangkan 1 KBIHU lainnya diharapkan siap diverifikasi sebelum akhir bulan Juni 2021 ini.


Sementara itu, perwakilan dari KBIHU Wali Sanga menyampaikan apresiasi kepada pihak Kanwil Bali yang telah membina secara intensif dan mendampingi dalam pemenuhan persyaratan administrasi perijinan KBIHU. "Dulu kami sudah pernah mengantongi ijin dari Depag. Hanya karena sempat vacuum beberapa tahun sehingga ijin kami dibekukan. Semoga kami dapat segera terbit ijin operasionalnya," ujar H. Anwar Haryono, Ketua KBIHU Wali Sanga.


Hal senada juga disampaikan H. Satrawi, Ketua KBIHU Amanah. Menurutnya, KBIHU Amanah pernah mengajukan ijin operasional ke pusat pada tahun 2017. Hanya saja karena terdampak kebijakan moratorium pendirian KBIHU sampai tahun 2019, maka mereka berharap bahwa proses pengajuan perijinannya saat ini dapat berjalan lancar sehingga lembaganya memiliki legalitas yang pasti. (nas)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar