Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Semangat Merajut Prestasi di Tengah Pandemi

Semangat Merajut Prestasi di Tengah Pandemi Foto by MAN 1 Jembrana

(Humas Bali) MAN 1 Jembrana sebagai madrasah unggulan di Provinsi Bali selalu berinovasi untuk menggapai prestasi walau pun di masa sulit Pandemi Covid-19. Terbaru tiga siswa MAN 1 Jembrana mengikuti seleksi Kompetisi Sains Ruang Guru (KSR) Tingkat Nasional yang di selenggarakan secara online oleh Platform belajar online Ruang Guru tepat di hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/08/2021). Mereka sebelumnya telah mengikuti seleksi tingkat regional yang juga dilakukan secara online pada 26 Juli 2021 dan terpilih untuk berkompetisi kembali di tingkat nasional. 

Ketiga siswa tersebut masing-masing mengikuti kompetisi pada bidang mata pelajaran yang berbeda yaitu fisika, biologi, dan geografi. Bidang Fisika diwakili oleh Rizki Dian Anggara kelas XII IPA 3, bidang Biologi diwakili oleh Muhammad Annas Firmansyah kelas XI IPA 1, dan bidang Geografi diwakili oleh Ahmad Fadhli Fatoni kelas XII IPA 2. Kompetisi dilaksanakan secara terpusat di IT Center MAN 1 Jembrana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kompetisi ini sebagai tahap awal rangkaian kompetisi-kompetisi yang akan diikuti oleh siswa-siswi MAN 1 Jembrana sebelum pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten/Kota di akhir Agustus mendatang. Kompetisi Sains Ruang Guru (KSR) sebagai ajang ujicoba kesiapan siswa-siswi yang akan mengikuti KSN-P dan KSM Kabupaten/Kota. Kompetisi ini menjadi sangat penting untuk mengukur kesiapan siswa-siswi MAN 1 Jembrana pada ajang KSN-P dan KSM Kabupaten/Kota. 

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya menjelaskan bahwa MAN 1 Jembrana bertekad untuk selalu menampilkan prestasi terbaik meskipun di tengah keterbatasan Pandemi Covid-19. “Pandemi mengajarkan kita semua untuk selalu berinovasi, termasuk dalam pengembangan kompetensi siswa, salah satunya pada ajang olimpiade-olimpiade mata pelajaran. Bersama dengan Wakakurikulum MAN 1 Jembrana, didesain sebuah metode pembinaan darurat selama Pandemi Covid-19. Pembinaan siswa yang menekuni olimpiade mata pelajaran selama pandemi dilaksanakan secara online. Selain dibina oleh guru, mereka juga dibimbing oleh akademisi ahli seperti dosen dari perguruan tinggi ternama baik di Bali maupun di Jawa,” jelasnya saat dihubungi via telepon, Selasa (17/08/2021). 

Agus Subagya juga menambahkan bahwa peran dan inovasi pembimbing juga merupakan hal yang sangat penting untuk dapat bersaing di ajang olimpiade mata pelajaran. “Pembimbing juga merupakan faktor yang sangat penting dalam kesuksesan siswa-siswi MAN 1 Jembrana meraih prestasi olimpiade mata pelajaran. Oleh sebab itu, saya sangat mengapresiasi seluruh pembimbing olimpiade mata pelajaran yang telah mendedikasikan diri secara penuh untuk kemajuan prestasi di MAN 1 Jembrana, khususnya inovasi pembimbingan yang dilaksanakan selama Pandemi Covid-19. Sehingga, MAN 1 Jembrana dapat tetap berprestasi walau pun di tengah keterbatasan seperti saat ini,” tambahnya.  

Sebagai lembaga pendidikan madrasah tertua di Provinsi Bali, MAN 1 Jembrana terus membuat terobosan untuk menciptakan pola pendidikan modern bernuansa Islami. Salah satu terobosan tersebut adalah di bidang pembinaan prestasi akademik baik olimpiade, karya tulis ilmiah, maupun robotik. Hal tersebut sesuai dengan visi misi MAN 1 Jembrana yaitu melahirkan generasi hebat, berakhlakul karimah, dan moderat untuk mewujudkan madrasah tangguh berkelas dunia.   


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar