Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Gebyar Vaksinasi di MAN 1 Jembrana

Gebyar Vaksinasi di MAN 1 Jembrana Foto by MAN 1 Jembrana

(Humas Bali) Pandemi Covid-19 merupakan wabah virus yang menjadi tanggungjawab bersama, termasuk MAN 1 Jembrana sebagai salah satu lembaga pendidikan bernuansa Islami di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Upaya menormalisasi kehidupan di tengah Pandemi Covid-19 salah satunya dengan vaksin. Vaksin diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mempercepat terjadinya herd immunity. Alasan tersebut menjadi dasar MAN 1 Jembrana mendukung program vaksinasi yang digaungkan oleh pemerintah. Realisasi dukungan MAN 1 Jembrana terhadap program vaksinasi tersebut dengan melaksanakan gebyar vaksinasi bagi seluruh peserta didik MAN 1 Jembrana. 

Vaksinasi tahap 2 kepada peserta didik dilaksanakan pada Rabu (18/08/2021) di MAN 1 Jembrana, sebelumnya vaksinasi tahap 1 telah dilaksanakan pada 14/07/2021. Kegiatan gebyar vaksinasi di MAN 1 Jembrana dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta didik yang akan divaksin harus melalui screening pemeriksanaan suhu tubuh, mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta harus menjaga jarak. Kegiatan ini merupakan kerjasama Tim Satuan Tugas (SATGAS) Covid-19 MAN 1 Jembrana dengan Puskesmas 1 Jembrana. Bertindak sebagai vaksinator pada kegiatan ini adalah Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas 1 Jembrana dan unsur kepolisian. 

Koordinator SATGAS Covid-19 MAN 1 Jembrana Ari Bahtiar melalui Ketua SATGAS Covid-19 MAN 1 Jembrana, Dian Fajriah menjelaskan bahwa gebyar vaksinasi ini merupakan usaha turut serta MAN 1 Jembrana dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. “Kegiatan gebyar vaksinasi ini adalah bentuk nyata peran serta MAN 1 Jembrana dalam memutus penyebaran Covid-19. Peserta vaksinasi merupakan seluruh peserta didik MAN 1 Jembrana kelas X hingga kelas XII pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Kegiatan ini difasilitasi oleh Tim SATGAS Covid-19 MAN 1 Jembrana yang bekerjasama dengan Puskesmas 1 Jembrana,” jelas Dian, Rabu (18/08/2021). Ditambahkan olehnya, bahwa gebyar vaksinasi ini sebagai ikhtiar bersama untuk mempercepat penanggulangan Pandemi Covid-19. 

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya menjelaskan bahwa MAN 1 Jembrana sebagai instansi pendidikan harus berinisiatif mengambil peran dalam turut serta menanggulangi wabah Covid-19 yang mendunia. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh MAN 1 Jembrana untuk membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 adalah dengan membentuk SATGAS Covid-19 tingkat madrasah, mengadakan gebyar vaksinasi kepada peserta didik dengan bekerjasama dengan Puskesmas 1 Jembrana, menyiapkan tempat isolasi bagi pasien OTG, serta menyiapkan sarana protokol kesehatan di lingkungan madrasah seperti tempat mencuci tangan dan handsanitizer. “MAN 1 Jembrana sangat serius membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan berbagai fasilitas pendukung penanggulangan Covid-19 yang telah disediakan oleh MAN 1 Jembrana serta kegiatan yang dapat membantu percepatan penanggulangan Covid-19, salah satu contohnya adalah gebyar vaksinasi ini,” katanya saat dikonfirmasi via telepon.  Agus Subagya juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas 1 Jembrana atas kerjasamanya untuk menyukseskan program vaksinasi di MAN 1 Jembrana. 

Agus Subagya juga menambahkan bahwa inisiatif ini sesuai arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Dr. Komang Sri Marheni, S.Ag., M.Si. melalui Kepala Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali H. Mahmudi, M.Pd. yang menyatakan bahwa madrasah harus mengambil peran untuk membantu pemerintah dalam memutus dan mempercepat penanganan Covid-19, salah satunya dengan mengadakan program vaksinasi bagi seluruh civitas akademika. Harapannya, hal ini sebagai langkah nyata peran madrasah hebat bermartabat berbakti untuk negeri guna menanggulangi Pandemi. “Semoga gebyar vaksinasi ini mampu menekan angka penyebaran Covid-19, sehingga kehidupan kembali berjalan normal khususnya bagi madrasah dapat segera melakukan pembelajaran tatap muka,” pungkasnya. 


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar