Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Segera Terbit Buku Hindu Nusantara Bernuansa Kearifan Lokal

Segera Terbit Buku Hindu Nusantara Bernuansa Kearifan Lokal

Rabu, 22 September 2021, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Komang Sri Marheni di damping Kepala Bidang Pendidikan Hindu, Ida Ayu Putu Gede Dharma Yanti dan Kepala Bidang Urusan Agama Hindu yang diwakili oleh I Wayan Winaja selaku penyuluh, menerima kunjungan dari Tim Koordinasi Buku Hindu Nusantara yang diketuai oleh I Gusti Made Ngurah dan PT.Percetakan Bali. Kunjungan ini diterima di aula Kanwil Kemenag Prov.Bali.

I Gusti Made Ngurah menyampaikan tujuan kedatangannya adalah untuk berkoordinasi dalam hal penerbitan buku-buku Hindu Nusantara yang memiliki kearifan lokal dan seperti buku Upadesa akan dicetak ulang dan akan disebarluaskan di seluruh Nusantara, buku ini sebagai pengantar dasar pemahaman agama Hindu, buku Upadesa akan diterbitkan secara bertahap sehingga umat akan mudah memahaminya. Untuk itu I Gusti Made Ngurah mengajak Ka.Kanwil untuk bergabung dalam tim sebagai penasihat. 

Sedangkan perwakilan PT.Percetakan Bali memaparkan program penerbitan-penerbitan buku non teks yang bernuansa kearifan lokal Bali dan memperlihatkan daftar judul buku yang segera terbit serta menampilkan komentar-komentar masyarakat di media sosial yang memberikan apresiasi terhadap buku-buku yang telah terbit dan yang akan terbit. “buku-buku ini tidak akan dapat dipalsukan karena kami telah memberikan hologram” papar perwakilan PT.Percetakan Bali.

Ka.Kanwil, Komang Sri Marheni memberikan apresiasi terhadap Tim Koordinasi Buku Hindu Nusantara dan PT. Percetakan Bali yang telah berkerja keras menyempurnakan buku-buku agama Hindu yang kemudian akan disebarkan di seluruh Nusantara. 

“Ini adalah kesempatan yang sangat baik, buku yang diedarkan betul-betul buku yang sudah terseleksi oleh tim yang memiliki legalitas, sehingga umat Hindu dengan kearifan lokalnya akan memiliki jati diri seutuhnya.” ungkap Ka.Kanwil

Ka.Kanwil, Komang Marheni menyambut baik ajakan ketua Tim Koordinasi Buku Hindu Nusantara sebagai tim penasihat dan sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah Ka.Kanwil menegaskan bahwa Kanwil Kemenag Prov.Bali tidak dalam kapasitas memutuskan akan tetapi tetap mendukung dengan kewenangan dan tanggung jawab yang dimilikinya. 

“Sosialisasi buku-buku ini pasti akan kami bantu, akan kami gerakan seluruh penyuluh sebagai jembatan umat dan mudah-mudahan dengan dukungan berbagai elemen serta apresiasi dari masyarakat, program buku-buku Hindu Nusantara dapat segera diterbitkan dan mudah didapatkan oleh masyarakat” harap Ka.Kanwil.

Agenda ini kemudian diakhiri dengan penyerahan buku-buku pendidikan Agama Hindu yang telah tercetak dan disusun berdasarkan kurikulum.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar