Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Raih 4 Emas, MAN 1 Jembrana Ukir Prestasi Ditengah Pandemi

Raih 4 Emas, MAN 1 Jembrana Ukir Prestasi Ditengah Pandemi Foto by MAN 1 Jembrana

Jembrana, Humas Bali –Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama di bidang sains yang di gelar rutin setiap tahun. Kompetisi ini memiliki tujuan untuk menjaring saintis-saintis muda yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat mengorelasikan ilmu pengetahuan tersebut dengan nilai-nilai ilmu agama. Sejatinya ilmu pengetahuan dan ilmu agama adalah satu komponen yang tidak terpisahkan.  Peserta didik yang lolos KSM tingkat nasional merupakan hasil seleksi yang ketat dari tingkat kabupaten dan provinsi.

Secara online pada (25/09/2021) hasil diumumkan melalui website resmi KSM, MAN 1 Jembrana pada KSM tingkat provinsi tahun ini berhasil meraih 4 medali emas masing-masing pada bidang matematikan terintegrasi, fisika terintergrasi, ekonomi terintegrasi, geografi terintegrasi, serta juara harapan 3 pada bidang kimia terintegrasi. Berkat capaian tersebut, MAN 1 Jembrana tidak hanya berhasil menjadi peraih medali terbanyak di Provinsi Bali, tetapi juga berhasil menjadi terbaik kedua seleksi KSM nasional kategori medali emas terbanyak tingkat madrasah Aliyah.  Sebanyak 4 orang peserta didik MAN 1 Jembrana tersebut dinyatakan lolos menjadi duta KSM provinsi Bali untuk berkompetisi di tingkat nasional pada Bulan Oktober mendatang. 

Prestasi yang diraih pada KSM tahun ini, tak diperoleh dengan mudah. Banyak proses, hambatan, dan tantangan yang dilalui. Melalui pembinaan panjang dan intensif kepada peserta didik, tim KSM MAN 1 Jembrana mampu menunjukan eksistensinya di tengah Pandemi Covid-19. Keterbatasan yang disebabkan oleh pandemic menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika MAN 1 Jembrana untuk selalu berinovasi dan menggali kreativitas dalam proses pembinaan menghadapi KSM ini. Pembinaan dilaksanakan secara terbatas menggunakan platform meeting online kepada peserta didik yang mengikuti KSM oleh seluruh guru pembina KSM tahun ini.

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya, M.Pd. mengapresiasi capaian prestasi peserta didiknya pada KSM provinsi tahun ini. Agus juga menambahkan bahwa prestasi luar biasa ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing yang luar biasa dan semangat juara yang para saintis muda MAN 1 Jembrana.  

“Saya sangat mengapreasiasi capaian prestasi peserta didik MAN 1 Jembrana pada KSM tingkat Provinsi Bali pada tahun ini. 4 emas dan 1 juara harapan bukan prestasi yang mudah diraih, melainkan dengan perjuangan yang gigih dan semangat dari seluruh civitas akademika dalam mengawal proses pembinaan KSM ini. Peran guru pembimbing juga luar biasa. Melalui pembinaan yang intensif dan kreatif di tengah Pandemi, MAN 1 Jembrana mampu menjadi yang terbaik,” ungkapnya saat dikonfirmasi di MAN 1 Jembrana (25/09/2021).

Agus Subagya juga menambahkan bahwa prestasi ini sangat penting bagi MAN 1 Jembrana, mengingat MAN 1 Jembrana sebagai ikon pendidikan madrasah di Provinsi Bali. Disampaikan lebih lanjut, hasil KSM tingkat provinsi ini menjadi tolok ukur keberhasilan pembinaan yang dilaksanakan dalam menghadapi sebuah kompetisi. Selain itu, hasil ini memberi gambaran sejauh mana MAN 1 Jembrana dapat bersaing dengan madrasah lainnya.

 “Hasil KSM tingkat provinsi ini menjadi tolok ukur keberhasilan pembinaan yang dilaksanakan dalam menghadapi sebuah kompetisi. Klasterisasi madrasah tidak terlepas dari prestasi siswa. Tentu capaian prestasi yang membanggakan ini sangat kami apresiasi,” tegasnya. 

MAN 1 Jembrana sangat fokus terhadap peningkatan prestasi siswa baik akademik maupun nonakademik. Hal ini dibuktikan dengan inovasi dan metode pembinaan siswa yang dikembangkan oleh madrasah yang terletak di Jalan Ngurah Rai 103 Jembrana tersebut. “Pembinaan dan pendampingan terus dimaksimalkan meskipun kondisi sulit seperti pandemi saat ini. MAN 1 Jembrana berkomitmen untuk terus meningkatkan prestasi guna mewujudkan madrasah mandiri dan berprestasi,” pungkas Agus.       


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar