Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Lolos Seleksi, Dua Siswa MAN 1 Jembrana Lanjut ke KSN Tingkat Nasional

Lolos Seleksi, Dua Siswa MAN 1 Jembrana Lanjut ke KSN Tingkat Nasional Foto by MAN 1 Jembrana

Jembrana, Mustika – Seleksi Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P) jenjang SMA/MA tahun 2021 telah selesai dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus – 4 September 2021. Ajang bergengsi ini melombakan sembilan bidang mata pelajaran sains, yaitu matematika, fisika, kimia, informatika, biologi, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi. Dari tiga belas siswa-siswi MAN 1 Jembrana yang mengikuti seleksi KSN-P tersebut, dua orang berhasil lolos ke seleksi tingkat nasional. Mereka adalah Ahmad Fadhli Fatoni dari bidang studi Geografi dan Mochammad Annas Firmasyah dari bidang studi Biologi yang akan melaju ke tingkat nasional pada 25 – 30 Oktober 2021.

Prestasi ini sangatlah membanggakan karena MAN 1 Jembrana adalah satu-satunya madrasah aliyah dari Kabupaten Jembrana yang lolos ke tahap nasional. Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya, M.Pd., berharap dua siswa yang lolos seleksi tingkat nasional ini dapat melaju terus ke tahapan tertinggi, yakni tingkat internasional. “Terima kasih atas pembinaan, dukungan, dan doa seluruh civitas akademika MAN 1 Jembrana. Mohon doa restu untuk kontingen MAN 1 Jembrana yang akan berkompetisi pada akhir bulan Oktober mendatang,” ujarnya.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Acara yang dilakukan secara rutin setiap tahun ini dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik serta memfasilitasi bakat dan minat mereka untuk mencapai prestasi terbaik pada bidang sains. Kompetisi ini merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh negeri. Selain itu, KSN juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional. 

Masih dalam kondisi pandemi Covid-19, KSN tahun ini mengusung tema "Sains Pulihkan Negeri". Meskipun pelaksanaannya sempat diundur akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, mekanisme seleksi KSN yang digelar secara berjenjang akhirnya sukses dilaksanakan dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Namun, hal ini tidak mengurangi esensi dari tujuan digelarnya ajang kompetisi ini dan pihak penyelenggara juga telah menjamin kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan KSN karena penyelenggara telah menyiapkan panduan pelaksanaan yang dapat dijadikan pegangan. (TRB)  


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar