Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Kembali, Bali Raih Juara Umum UDG XIV Tingkat Nasional

Kembali, Bali Raih Juara Umum UDG XIV Tingkat Nasional Foto by Ulik

Jakarta, Humas Bali – Utsawa Dharmagita telah usai digelar, pelaksanannya tahun ini dilakukan secara virtual. Kamis, 21 Oktober 2021 Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar Malam Penganugrahan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional XIV Tahun 2021 yang sekaligus mengumumkan pemenang Piala Bergilir UDG XIV.

Digelar secara hybrid Menteri Agama RI Bapak Yaqut Cholil Qoumas hadir dalam Malam Penganugrahan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional XIV Tahun 2021 yang juga disaksikan seluruh Indonesia secara virtual. Piala bergilir UDG XIV tahun 2021 diraih Provinsi Bali yang kembali berhasil meraih prestasi sebagai juara umum. Unggul dari provinsi lainnya, Provinsi Bali berhasil meraih 15 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Yaqut Cholil Qoumas yang biasa disapa Gus Men menyampaikan bahwa UDG kali ini selain merupakan festival keagamaan juga festival budaya nusantara yang kaya.

“Semua umat beragama harus terus memperkuat literasi agama. Pemahaman keagamaan yang baik akan memberikan gambaran yang lebih utus tentang nilai nilai ajaran agam. Semakin kuat literasi agama, maka umat beragama akan semakin meyakini kebenaran agamanya.” Ujar Gus Men

Utsawa Dharmagita merupakan salah satu metode pembinaan umat Hindu akan nilai nilai ajaran agama Hindu yang adiluhur yang tersurat didalam kitab suci dan kitab kitab susastra Hindu, baik yang berbahasa Sansekerta, Jawa Kuna maupun yang berbahasa daerah. Susastra Hindu tersebut perlu digali dan diaktualisasi melalui seni keagamaan agar memudahkan pemahaman dan penghayatannya.

Tema yang diangkat dalam UDG Tingkat Nasional ke 14 tahun 2021 ini sangatlah tepat, yaitu Menumbuhkembangkan Literasi dan Moderasi Beragama untuk Mewujudkan Masyarakat Hindu yang Cerdas dan Berintegritas. Ini merupakan upaya untuk merawat kebragaman, mempertebal literasi, dan meningkatkan Moderasi Beragama. Lebih lanjut Gus Men menyampaikan bahwa UDG ini menjadi salah satu modal bagi pemerintah untuk mencanangkan tahun 2022 yang akan datang sebagai tahun toleransi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Dr. Komang Sri Marheni, S.Ag, M.Si hadir menerima piala bergilir UDG DIV. Rasa bangga dan terima kasih pun disampaikan oleh Komang Sri Marheni atas prestasi membanggakan yang berhasil ditoresh oleh anak didik kebanggaan Provinsi Bali.(sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar