Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Siswa Pendidikan Agama dan Keagamaan Buddha Tahun 2021.

Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Siswa Pendidikan Agama dan Keagamaan Buddha Tahun 2021. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali

Minggu (24/10) , Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali melalui Bimbingan Masyarakat Buddha, menggelar kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Siswa Pendidikan Agama dan Keagamaan Buddha Tahun 2021. Bertempat di 100 Sunset Hotel Bali, kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari dengan para peserta dari siswa / siswi Agama Buddha perwakilan dari seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Bali, dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, ibu Komang Sri Marheni yang didampingi oleh Pembimas Agama Buddha, bapak Sihar dan beberapa perwakilan tokoh Agama Buddha di Bali, berkesempatan hadir untuk membuka secara resmi kegiatan ini.

Pembimas Agama Buddha yang sekaligus menjadi Ketua Panitia dalam kegiatan ini, sangat berterima kasih dan menyambut baik atas berkenannya ibu Ka.Kanwil hadir dan sangat berharap dapat memberikan pemaparan serta wejangan terhadap para peserta yang hadir. “harapan saya nantinya agar adik-adik para peserta mampu menyerap dengan baik nilai-nilai keagamaan Buddha yang diberikan oleh narasumber yang dihadirkan dan mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai gerakan Toleransi Beragama terhadap semua Umat Beragama” ungkap Sihar.

Pada kesempatan ini juga, ibu Komang Sri Marheni selaku Ka.Kanwil sangat berterima kasih dan memberi apresiasi terhadap Pembimas Agama Buddha, Tokoh Agama Buddha dan seluruh panitia penyelenggara kegiatan, karena telah mampu mempersiapkan segalanya dengan penerapan protokol kesehatan yang telah diatur dengan baik. Ka.Kanwil mengaku sangat bersyukur, merasa sedih serta bahagia ini menjadi satu, oleh karena 2 (dua) tahun sudah kita semua tidak saling bertemu, selama itu juga mungkin adik-adik para siswa dan siswi melakukan pembelajaran secara daring atau dari rumah. “apakah adik-adik senang hari ini kita dapat bertemu secara langsung dengan teman-teman disini” tanya Ka.Kanwil, yang Serentak dijawab “Senang” oleh para peserta yang hadir. Namun, Ka.Kanwil selalu mengingatkan walau kita sudah diperbolehkan melakukan kegiatan dengan tatap muka, jangan sampai mengabaikan pentingnya protokol kesehatan agar tidak terjadi kasus baru lagi, dan mari bersama-sama jaga diri untuk keamanan kita bersama.

Selain itu, Ka. Kanwil juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir, dimana sebagian besar adalah kaum muda, bagaimana pentingnya Moderasi Beragama dan Toleransi Beragama. Kita dilahirkan oleh Tuhan dengan fisik yang berbeda-beda, Tuhan yang menciptakan kita berbeda dan jangan sampai kita sebagai umatnya anti oleh perbedaan itu sendiri. Mari kita jaga kebersamaan dalam perbedaan ini, dan semua agama pasti mengajarkan perdamaian dan menuju Tuhan, hanya saja penyebutan Tuhan itu yang berbeda-beda. Jadi dalam mengikuti kegiatan ini nantinya, para siswa dan siswi Agama Buddha sebagai perwakilan Kota dan Kabupaten se Provinsi Bali, mampu menjadi contoh atau role model toleransi antar umat beragama di lingkungan sekitar kita. Tutup Ka.Kanwil yang ditandai dibukanya secara resmi kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Siswa Pendidikan Agama dan Keagamaan Buddha Tahun 2021.(tam)

 

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar