Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Tim Validator Kemenpan RB Lakukan Validasi Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Pada Kanwil Kemenag Provinsi Bali

Tim Validator Kemenpan RB Lakukan Validasi Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Pada Kanwil Kemenag Provinsi Bali Foto by Sania

Denpasar,Humas Bali – Memasuki tahap selanjutnya Selasa, 9 November 2021 dilakukan Validasi Hasil Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Dr. H Arjiman, S.Pd selaku Kepala Bagian Tata Usaha menyampaikan bahwa pembangunan pelayanan publik di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali seiring dengan pembangunan Zona Integritas yang ada di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. Penerapan pelayanan publik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, memberikan kemudahan bagi pengguna layanan, memberikan jaminan kapasitas hukum serta mewujudkan pelayanan publik yang cepat, murah, mudah, transparan, pasti, terjangkau, dan akuntabel.

Untuk mewujudkan semua ini maka kami dibawah pimpinan Dr. Komang Sri Marheni, S.Ag, Msi selaku Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali membangun Rumah Pelayanan Agama dan Keagamaan, sebagai upaya untuk menciptakan rumah besar tempat seluruh Pelayanan Publik dilaksanakan.

Rumah Pelayanan Agama Keagamaan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali telah didesain sedemikian rupa untuk bisa memenuhi kriteria dan standar yang menjadi tuntutan SIPP, (Sistem Informasi Pelayanan Publik) dan dalam fungsinya didukung oleh Rumah digital Pelayanan Publik, PELITA (Pelayanan Inspiratif Terpercaya) yang bisa diakses secara online. Keseluruhan upaya ini dilakukan sedemikian rupa untuk bisa menjawab seluruh kebutuhan akan pelayanan publik yang bersih, melayani dan berkelas dunia.

“Untuk dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan pada pengguna layanan kami, berbagai inovasi layanan kami ciptakan sebagai mitigasi dan solusi yang kami hadapi dari berbagai situasi dan tantangan, seperti tantangan dimasa pandemi ini. Tidak lupa kami juga melakukan manajemen motivasi untuk bisa meningkatkan kinerja ASN kami melalui berbagai inovasi, seperti Sesari, Taman Moderasi Beragama, Sukma Podcast, dan berbagai inovasi lainnya.”Ucap Arjiman.

“Lebih lanjut saya sampaikan bahwa Kanwil terus berbenah, dan melakukan banyak perubahan untuk dapat semakin meningkatkan kinerja pelayanan publik yang ada pada Instansi kami dan kami juga mendorong kepada seluruh satker dibawah Kanwil Kemenag Prov. Bali ikut juga turut meningkatkan kinerja pelayanan publik agar bisa memberi kepuasan pada  pengguna layanan kami. Motto kami adalah : Ksatrya Sewaka Mahottama kewajiban utama ASN adalah melayani.” Jelas Arjiman

Sementara itu Bapak Fahrul Rizal dan Bapak Fajar Kurniawan Firdaus selaku tim validasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia menyampaikan maksud tujuannya melakukan validasi adalah untuk melakukan konversi antara laporan yang telah disampaikan pada bulan Oktober lalu, apakah apa yang tertuang dalam laporan sesuai dengan kenyataan dilapangan.

Fahrul Rizal mewakili tim Kemenpan RB menjelaskan pembobotan aspek dari validasi hasil evaluasi ini yaitu kebijakan pelayanan 30%, profesionalisme 18%, sarana prasaran 15%, sistem informasi pelayanan publiK 15%, konsultasi dan pengaduan 15%, dan inovasi 7%.

“Saat ini Kemenpan dalam upaya pengembangan mall pelayanan pubik yang diutamakan pada pemerintah kabupatan, saya berharap peran dari Kementerian Agama yang saya tahu begitu aktif dan juga tanggap untuk dapat berpartisipasi dalam pengembangan mall pelayanan publik nantinya. Pelayanan yang diberikan nantinya bukan hanya memberikan kepuasan tetapi juga kebahagiaan.”ucap Fahrul Rizal.

Mall pelayanan publik ini nanti merupakan wadah berkumpulnya pelayanan dari seluruh instansi baik instansi vertical maupun horizontal dan juga BUMN. Lebih lanjut disampaikan Fahrul Rizal bahwa pemantauan atau evaluasi kinerja pelayanan publik ini dilakukan untuk mendorong membuat standar pelayanan. 

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyampaian testimony terhadap pelayanan yang disampaikan perwakilan dari KUA, Madrasah, dan tokoh agama. Dilakukan juga konversi terhadap pernyataan testimoni oleh tim dari Kemenpan RB.

Tim validator didampingi Kabag TU dan Tim ZI/RB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali selanjutnya melakukan tur singkat pada Rumah Layanan Agama dan Keagamaan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali serta lingkungan sekitar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. Beberapa fasilitas guna menunjang pelayanan publik pun dikunjungi tim validator dengan penjelasan kegunaan fasilitas tersebut oleh tim ZI Kanwil.

Apresiasi pun disampaikan tim validator kepada semangat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali yang sungguh luar biasa meskipun ditengah persiapan hari raya bagi umat Hindu, namun komitmen dalam pembangunan Zona Integrita menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ditunjukkan dengan kehadiran seluruh ASN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali.(sn)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar