Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

MAN 1 Jembrana Borong 2 Juara Lomba Esai Nasional

MAN 1 Jembrana Borong 2 Juara Lomba Esai Nasional Foto by MAN 1 Jembrana

Jembrana (Mustika) – Tiada hari tanpa raihan prestasi, kata ini pantas jika disematkan pada MAN 1 Jembrana. Siswa-siswi madrasah aliyah yang terletak di Jalan Ngurah Rai 103 Jembrana ini kembali meraih prestasi nasional. Kali ini datang dari lomba esai tingkat siswa SMA/MA nasional, dua tim Hipotesa berhasil mendapat juara pertama dan ketiga pada lomba tersebut. Pengumuman pemenang dilaksanakan secara online pada hari Minggu (21/11/2021). 

Tim yang dimotori oleh Suryani, Muhammad Nur Rohman Suwarso, dan Ryan Fauzi berhasil mendapat juara pertama pada ajang bertajuk Competition Project Scientist (CAROTIS) 2021 yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran, Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya. Ketiganya memaparkan bahwa ide esai mereka adalah mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android untuk membantu masyarakat dalam melakukan konseling mental selama Pandemi Covid-19. Aplikasi yang dibuat diberi nama Konseling Mental (KOMEN). Ide ini muncul saat mereka menemukan fakta bahwa banyak masyarakat yang merasa stres ketika terjadi pandemi, seperti kehilangan pekerjaan, belajar dari rumah, atau pun karena harus berdiam diri di rumah. Oleh sebab itu, aplikasi ini membantu masyarakat untuk melakukan konseling kepada konselor ahli yang merupakan psikolog untuk mencapai ketenangan mental saat pandemi. 

Selain CAROTIS, pada ajang lomba esai dengan tema Civil Event and Competition (CC UP) yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina, tim Hipotesa MAN 1 Jembrana berhasil menjadi juara ke-3. Muhammad Nur Rohman Suwarso bersama Ryan Fauzi dan Muhammad Rizky Pratama berhasil meyakinkan dewan juri bahwa ide mereka tentang upaya pemanfaatan sampah buah menjadi energi terbarukan memang layak diapresiasi. Dalam esainya, ketiga siswa tersebut membuat sebuah aplikasi yang diberi nama BALIBU. Aplikasi ini memberi wadah kepada masyarakat untuk menukarkan sampah buah kepada gerai-gerai BALIBU, untuk kemudian sampah buah tersebut diolah menjadi bioetanol untuk menjawab tantangan renewable energy. 

“Inovasi ini kami buat sebagai dedikasi untuk Indonesia dan masyarakat. Dengan aplikasi ini, kami berharap dapat membantu masyarakat menangani kecemasan di tengah pandemi dan untuk menjawab tantangan energi terbarukan. Kedua, aplikasi yang dikembangkan lebih lanjut akan dikemas semenarik mungkin, sehingga dapat dengan mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat. Ke depan, kedua aplikasi ini akan kami sempurnakan baik dari segi tampilan maupun fitur-fitur yang ada,” ungkap Rohman didampingi ketiga rekannya. 

Tim Pembina Hipotesa Lilik Muntamah, M.Si. dan Khairul Yazid, S.Pd. menyampaikan ucapan syukur dan rasa bangga atas prestasi siswa-siswi binaannya. Keduanya mengaku lomba esai yang dimenangkan pada kedua even tersebut adalah sebuah capaian yang luar biasa. Mengingat seluruh tim Hipotesa harus berjibaku menyiapkan lomba-lomba lainnya, selain kedua lomba esai tersebut. Prestasi ini tentunya kami sangat apresiasi dan semoga tim Hipotesa tetap dapat memberikan yang terbaik untuk MAN 1 Jembrana. 

Kepala MAN 1 Jembrana, H. Agus Subagya, M.Pd. memberikan apresiasi bagi siswa-siswi atas usahanya mengharumkan nama madrasah. Dalam kutipannya, Agus Subagya menyatakan harapan ke depannya bahwa MAN 1 Jembrana menjadi madrasah yang unggul dan kompeten di segala bidang, khususnya prestasi akademik maupun nonakademik. Capaian prestasi tim Hipotesa tersebut menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pembinaan siswa-siswi MAN 1 Jembrana. 

“Selamat saya ucapkan kepada tim Hipotesa yang kembali mengharumkan nama MAN 1 Jembrana di kancah nasional. Kami dari unsur pimpinan MAN 1 Jembrana patut bersyukur atas prestasi yang diraih. Terima kasih juga disampaikan kepada tim pembina Hipotesa yang telah berdedikasi dan bersemangat dalam membina. Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk seluruh civitas akademika MAN 1 Jembrana untuk selalu mendedikasikan diri dalam mencetak generasi unggul, berkarakter, dan berakhlakul karimah menuju madrasah mandiri berprestasi,” pungkas beliau saat ditemui di ruang kerjanya. 


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar