Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Memahami Makna Pelaksanaan Upacara Keagamaan

Memahami Makna Pelaksanaan Upacara Keagamaan

(Ura Hindu) A.A. Gd. Muliawan, S.Ag, M.Si selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali sekaligus pimpinan Suka Duka Dharma Bhakti bersama karyawan-karyawati Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali yang tergabung sebagai anggota Suka Duka melaksanakan Piodalan dan persembahyangan bersama pada Purnama Sasih Kasa yang jatuh pada hari Senin, 1 Juli 2015. Masing-masing anggota Suka Duka ngaturang ayah melalui sekaa gong, seni tari, Pewayangan dan juga Pesantian. Pelaksanaan Piodalan dan persembahyangan bersama yang digerakkan oleh Bidang Urusan Agama Hindu ini dimulai pada pukul 10.00 Wita, diawali dengan Puja Tri Sandhya yang kemudian dilanjutkan dengan Kramaning Sembah, dipimpin oleh Ratu Pedanda. Proses persembahyangan berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 11.30 Wita.


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali yang memberikan Dharma Wacana sebelum dilaksanakannya persembahyangan bersama menyampaikan bahwa dalam hidup ini, selain cerdas secara keilmuan, kita juga diharapkan cerdas secara spiritual. Kita wajib mengisi diri dan senantiasa memperluas wawasan di bidang agama. Lebih lanjut Beliau menghimbau kepada umat beragama untuk memahami makna dari upacara keagamaan yang dilaksanakan. Pelaksana upacara keagamaan juga harus memahami Tabuh, tari-tarian, wayang dan Gegitan mana yang bisa dipentaskan agar sesuai dengan upacara keagamaan yang sedang dilaksanakan. Sebagai penutup, Beliau mengajak seluruh Umat Hindu untuk tetap secara bersama-sama menjaga kesucian Pura. Karena Pura yang ada di seluruh Propinsi Bali ini merupakan tanggung jawab kita bersama.


Dengan dilaksanakannya persembahyangan bersama, baik itu persembahyangan Purnama Tilem maupun persembahyangan setiap harinya, Sradha Bhakti karyawan/karyawati di lingkungan Kementerian Agama diharapkan akan terus meningkat. (ts)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar