Profil Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabanan

Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2015 tentang Kementerian Agama mengamanatkan bahwa tugas Kementerian Agama adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam melaksanakan tugas tersebut Kementerian Agama menyelenggarakan fungsi sebagaimana yang ditetapkan dalam Pasal 3 Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2015. Guna menyelenggarakan tugas dan fungsi tersebut di daerah, maka melalui Peraturan Menteri Agama Nomor 42 Tahun 2016 Pasal 906, dibentuk Kantor Wilayah Kementerian Agama di Provinsi dan Kantor Kementerian Agama di Kabupaten/Kota. Untuk melaksanakan ketentuan tersebut maka dilakukan pengaturan mengenai Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama yang diatur melalui Peraturan Nomor 19 Tahun 2019. Dalam membantu kelancaran pelaksanaan tugas tersebut, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabanan memiliki susunan organisasi dengan Kepala Kantor sebagai pimpinan yang dibantu oleh:

a. Sub Bagian Tata Usaha; 

b. Seksi Pendidikan Islam; 

c. Seksi Bimbingan Masyarakat Islam; 

d. Seksi Urusan Agama Hindu; 

e. Seksi Pendidikan Hindu;

f. Penyelenggara Haji dan Umrah; 

g. Pembimbing Masyarakat Buddha; dan

h. Kelompok Jabatan Fungsional


Subbagian dan masing-masing Seksi serta Penyelenggara melaksanakan tugas, antara lain:

a. Subbagian Tata Usaha bertugas melakukan penyiapan bahan koordinasi penjabaran kebijakan teknis dan kegiatan, pelayanan urusan persuratan, administrasi perencanaan, kepegawaian, keuangan dan barang milik negara, keorganisasian dan ketatalaksanaan, penyusunan keputusan, kerumahtanggaan, kearsipan, hubungan masyarakat, serta publikasi, data dan informasi.

b. Seksi Pendidikan Islam bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pendidikan raudlatul athfal, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, pendidikan agama Islam, pendidikan diniyah, dan pondok pesantren.

c. Seksi Bimbingan Masyarakat Islam bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang urusan agama Islam dan bina syariah, bina kantor urusan agama dan keluarga sakinah, penerangan agama Islam, dan pemberdayaan zakat dan wakaf.

d. Seksi Urusan Agama Hindu bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang urusan agama Hindu.

e. Seksi Pendidikan Hindu bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pendidikan agama, dan pendidikan keagamaan Hindu

f. Penyelenggara Haji dan Umrah bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pendaftaran dan pembatalan haji, bimbingan manasik, bina haji reguler, penyelenggara haji khusus dan umrah, transportasi dan dokumen haji reguler, serta administrasi keuangan haji.

g. Penyelenggara Buddha bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang urusan agama Buddha, pendidikan agama, dan pendidikan keagamaan Buddha.


Nama Para Pejabat :


Ka. Kamenag Kab. Tabanan

Ida Bagus Putu Arsana, SE, S.Ag, M.Si


Ka. Subag TU Kab. Tabanan

I Ketut Merta, S.Ag, M.Ag


Kasi Urusan Agama Hindu

I Nyoman Buda Antara, S.Sos


Kasi Penda Hindu

Ida Bagus Rai D. Suhardika, SE, M.Si


Kasi Bimas Islam

Bambang Sumantri, SH


Ka. KUA Kec. Tabanan

Ahmadin, S.Ag


Ka. KUA Kec. Baturiti

Nur Hayat, S.Ag


Ka. KUA Kec. Pupuan

Gusnadi, S.Ag


Ka. KUA Kec. Penebel

Hamsun Imtihan, S.HI


Ka. KUA. Kec. Kediri

H. Gun Supardi, S.Ag


Ka. KUA Kec. Selemadeg

Mukhamad, S.Ag


Kasi Pendidikan Islam

Arief Dipa Sanjaya, S.Sos, M.Si


Penyelenggara Haji dan Umrah :

Moh. Kodri, S.Ag


Penyelenggara Budha

Nengah Budiastha Piyadasi, S.Ag


Dokumen: Struktur_Organisasi.pdf

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar